Sabtu, 26 Mei 2018 | 17:25 WIB

Ronaldo Selamatkan Madrid di Hari Dramatis Casillas

Senin, 07 Januari 2013 / life & style / antara/afp

Madrid, investorpialang.com - Penjaga gawang Iker Casillas turun dari bangku cadangan hanya setelah lima menit pertandingan berjalan untuk Madrid yang harus bermain dengan 10 orang dan membutuhkan gol ganda Cristiano Ronaldo untuk mengalahkan Real Sociedad 4-3 pada Minggu (6/1) waktu setempat.

Sang kapten kembali dibangkucadangkan untuk kali kedua secara berturut-turut namun diserahi tugas menggantikan Adan Garrido yang diganjar kartu merah dan mewarisi hadiah penalti bagi lawan yang sukses menjebol gawang Madrid.

Xabi Prieto yang dalam pertandingan tersebut mencetak 'hat-trick' sukses menjadi algojo titik putih untuk menyamakan kedudukan setelah gol cepat Karim Benzema membawa Madrid unggul hanya dalam dua menit. Sami Khedira kemudian mengembalikan keunggulan bagi tim asuhan Jose Mourunho di menit ke-35.

Prieto kemudian kembali menyamakan kedudukan jelang turun minum sebelum akhirnya Ronaldo menyelamatkan Madrid lewat dua gol yang dicetaknya di babak kedua.

Prieto melesakkan gol ketiganya di sisa waktu 14 menit terakhir pertandingan, sebelum akhirnya Sociedad juga harus bermain dengan 10 pemain setelah Daniel Estrada menerima kartu kuning kedua.

Meski memenangkan pertandingan, Madrid masih tertinggal 13 poin dari pemuncak klasemen Barcelona yang akan melakoni laga derby melawan tim sekota, Espanyol, seraya menyambut kembalinya pelatih mereka Tito Vilanova dari operasi kanker.

Madrid saat ini mengalami dirundung badai cedera di lini pertahanan mereka, yang mengharuskan Pepe, Fabio Coentrao, Marcelo dan Raul Albiol absen sementara Sergio Ramos menjalani hukuman larangan bertanding. Meski demikian, penyerang Gonzalo Higuain baru kembali daru dua bulan absen dan memulai pertandingan dari bangku cadangan.

Mereka mendapati diri dalam permulaan yang baik saat Khedira menunjukkan ketajaman visinya menemukan Benzema berdiri bebas di tengah kotak penalti sebelum sang penyerang menunaikan tugasnya dengan baik, melesakkan bola ke sudut gawang.

Namun ketika publik Santiago Bernabeu mengharapkan kemenangan mudah menyusul inkonsistensi penampilan tim kebanggaan mereka sepanjang musim, para pemain justru melakukan kesalahan yang diikuti pengusiran Adan dari lapangan dan hadiah penalti bagi tim tamu untuk menyamakan kedudukan.

Umpan tak terukur dari Adan kepada Ricardo Carvalho justru mengarah ke Carlos Vela yang kemudian menusuk ke depan gawang dan harus dijatuhkan sang kiper. Wasit lalu menunjuk titik putih serta mengusir Adan dari lapangan pertandingan yang berarti Casillas akhirnya "turun gunung".

Pemain yang kerap dijuluki 'Santo Iker' oleh para penggemar tim nasional Spanyol sebagai bentuk apresiasi atas perannya dalam berbagai kesuksesan tim Matador gagal memberikan penampilan pembuka cemerlang karena gagal menghentikan tendangan penalti Prieto.

Casillas yang terlihat tak stabil beberapa saat kemudian salah menyodorkan bola kepada Prieto, namun tendangannya hanya menghujam sisi luar jaring gawang. Ia juga terlihat kikuk saat gagal meraih bola umpan hasil tendangan sudut lawan.

Sociedad datang dengan modal tidak pernah kalah di tujuh pertandingan terakhir dan Antoine Griezmann beberapa kali mendapati peluang karena sebagai hasil upaya bangunan serangan mereka di lini depan.

Madrid kemudian kembali unggul melalui sentuhan Khedira atas bola yang ditendang Carvalho dari tepi kotak penalti, meski lini belakang mereka kian terlihat rapuh sebelum akhirnya Prieto mencetak gol keduanya saat bola muntah dari percobaan Vela jatuh tepat di hadapannya untuk kemudian ia lesakkan melewati Casillas.

Pada menit-menit akhir babak pertama, tendangan Benzema dari luar kotak penalti membentur mistar gawang dan bola muntah gagal dimanfaatkan Khedira.

Usai istirahat tempo pertandingan berjalan lambat sebelum akhirnya Ronaldo mencetak dua gol melalui upayanya memanfaatkan bola muntah dari percobaan Benzema dan eksekusi tendangan bebasnya yang menusuk ke pojok atas gawang lawan.

Sociedad pun tidak lantas menyerah, yang ditunjukkan dengan apiknya penyelesaian Xabi Prieto atas bola umpan dari Chory castro, meskipun harapan mereka untuk menyamakan kedudukan harus kandas saat kartu merah 'dihadiahkan' wasit kepada Estrada. (ANTARA/AFP)

Dibaca : 252 kali
Baru dibaca Terpopuler