Senin, 19 Februari 2018 | 03:31 WIB

'Creative Tourism' Andalan Baru Pariwisata Indonesia

Jumat, 31 Mei 2013 / life & style / antara

Jakarta, investorpialang.com - Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) S.B. Wiryanti Sukamdani mengatakan 'creative tourism' (pariwisata kreatif) potensial untuk menjadi senjata andalan baru bagi pemasaran pariwisata Indonesia.

"Pola pariwisata dunia ini berubah, jadi kreativitas menjadi kunci maka creative tourism ini harus menjadi senjata andalan baru bagi pemasaran pariwisata kita," kata Wiryanti Sukamdani di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, creative tourism yang dimaksud adalah pariwisata yang menawarkan pada pengunjung berbagai pengalaman kreatif termasuk seni, kerajinan, dan lokakarya masakan.

Dalam jenis wisata tersebut pengunjung berkesempatan untuk tinggal di akomodasi berkualitas tinggi dan terhubung dengan masyarakat lokal pada destinasi tertentu.

"Jenis wisata itu murni berdasarkan kreativitas kita misalnya melalui great sale, table top, wisata bahari, dan lain-lain yang bisa kita kreasikan," katanya.

Pihaknya sendiri sedang mengkaji untuk mengembangkan riset dan promosi untuk wisata berbasis kreativitas.

"Kita targetkan ada grand desain dan road map untuk creative tourism agar para pelaku pariwisata bisa fokus sesuai fungsinya masing-masing dalam memajukan pariwisata Indonesia," katanya.

Untuk menjaring usulan dari berbagai pihak, BPPI menggelar Indonesia Creative Tourism Workshop di Bali pada 30-31 Mei 2013.

Kegiatan itu diharapkan mampu memberikan wawasan baru pada dunia pariwisata di Indonesia sekaligus menumbuhkan inspirasi segar di era persaingan yang semakin sengit.

"Kita bisa bergerak cepat mengejar ketertinggalan dari Malaysia dan Singapura misalnya, yang potensi pariwisatanya tidak sebanyak di Indonesia, tapi kenyataannya mereka lebih maju dari Indonesia," katanya.

Dibaca : 796 kali
Baru dibaca Terpopuler