Senin, 19 Februari 2018 | 03:29 WIB

Keragaman Kopi Indonesia Dipromosikan di Madrid

Rabu, 22 Mei 2013 / life & style / antara

London, investorpialang.com - Penikmat sekaligus pemilik Kedai Bandar Kopi, Ellyanthi Tambunan mempromosikan keragaman kopi Indonesia di Madrid, Spanyol untuk membuka dan memperbesar pemasaran di negara itu.

Counsellor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Madrid, Theodorus Satrio kepada Antara London, Selasa, mengatakan promosi itu dilakukan dengan demo penyajian kopi Indonesia di hadapan masyarakat.

"Mereka antusias dengan penjelasan dan demo singkat mengenai kopi nusantara," kata Theodorus Satrio.

Dalam kesempatan itu Ellyanthi Tambunan mengatakan Indonesia kaya dengan jenis kopi di mana seluruh propinsi di Indonesia memiliki kopi dengan karakteristik yang berbeda.

Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar dunia saat ini yaitu berada di urutan keempat setelah Vietnam. Vietnam sendiri sebelumnya belajar mengenai kopi kepada Indonesia.

Pemilik Bandar Kopi yang terletak di pertokoan kawasan Pondok Indah Mal Jakarta Selatan itu menjelaskan kontur tanah vulkanik di Indonesia menghasilkan kopi terbaik di dunia, baik jenis Arabika maupun Robusta.

Namun, ia merasa prihatin karena kopi asli dengan kualitas premium diutamakan untuk ekspor sehingga masyarakat Indonesia hanya bisa menikmati kopi dengan kualitas nomor dua.

Berdasar sejarah, bangsa Belanda mengenalkan tumbuhan kopi di Indonesia pada sekitar abad ke-18.

Namun karena harganya mahal dan hanya kalangan menengah atas yang diperbolehkan minum kopi, Belanda hanya mengajarkan kepada bangsa Indonesia cara menanam kopi saja. Mereka tidak mengajarkan cara mengolah dan menikmati kopi.

Dalam kesempatan itu Ellyanthi menyampaikan tips penyajian kopi yang benar dan cara menikmati kopi yang tepat.

Salah satu cara Ellyanthi mempromosikan kopi Indonesia adalah dengan memprakarsai penyelenggaraan Festival Kopi. Ia merasa tertantang melihat fakta bahwa penyelenggara festival kopi selama ini adalah negara-negara bukan penghasil kopi seperti Inggris, Itali, Jerman dan Belanda.

Ia menyebutkan untuk membuka pasar Spanyol bagi kopi Indonesia, dalam waktu dekat akan diadakan seminar dan demo penyajian kopi Indonesia di Spanyol. Negara itu merupakan konsumen kopi terbesar dunia.

Dibaca : 638 kali
Baru dibaca Terpopuler