Minggu, 27 Mei 2018 | 16:50 WIB

Maluku Dapat Bantuan Lima Kapal Feri

Senin, 21 Januari 2013 / sectoral / antara

Ambon, investorpialang.com - Provinsi Maluku mendapatkaan bantuan lima kapal feri dari Kementerian Perhubungan yang akan melayani sejumlah pelabuhan penyeberangan di Provinsi Maluku dan Papua Barat.

"Dua dari lima kapal feri itu masing - masing, KMP Bobot Masiwang dan kMP Tanjung Rabat kini sudah sudah tiba di Ambon dan siap untuk dioperasikan, sedangkan tiga lainnya masih dalam perjalanan dari Pulau Jawa," kata Kabid Penyeberangan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, A.Marasabessy di Ambon,Senin.

Dia menjelaskan, KMP Bobot Masiwang yang dikerjakan di galangan kapal PT.Adiluhung Sarana Segara dengan daya angkut 500 GT dengan kecepatan 12 knot bisa mengangkut 214 orang penumpang dan 20 Kendaraan itu nantinya akan di kelolah salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) "Feri ini akan berlayar melintasi rute pelayaran mulai dari pelabuhan Ambon - Air nanang - Geser - Gorom - Kesui pulang - pergi (PP)," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, KMP Tanjung Kabat juga dengan daya angkut 500 GT memiliki kecepatan 12 knot dan bisa mengangkut 214 orang penumpang dan 29 kendaraan akan dikelolah oleh salah satu BUMD dari Kabupaten Buru Selatan (Bursel), rute yang akan dilayani mulai dari pelabuhan Ambon - Ambalau - Wamsisi - Namrole - Leksula (PP).

Sedangkan tiga kapal feri lainnya yang masih dalam perjalanan menuju Ambon itu masing - masing, KMP Tatihu dengan daya angkut 750 GT, KMP Sardinela (750 GT) dan KMP Wayangan (750 GT).

"Ketiga kapal feri ini belum ditentukan pengelolaannya, kepastiannya nanti akan ditentukan setelah ke tiga kapal itu sudah berada di Ambon, sebab pelayarannya antar Provinsi," ujarnya.

Jadi, lanjutnya, sesuai rencana pelayaran KMP Tatihu produksi galangan kapal PT.Marina Bahagia akan melayani rute lintasan pelabuhan kota Wahai,Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah (Provinsi Maluku), menuju pelabuhan Waigama dan Sorong, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

KMP Sardinela produksi PT.Adiluhung Saranasegara akan melayari lintasan pelabuhan Dobo,Kabupaten Aru (Provinsi Maluku) menuju pelabuhan Timika,Provinsi Papua Barat.

Sedangkan untuk KMP Wayangan produksi PT.Dumas Shipyard-SBY akan melayani Maluku dan Papua, namun untuk rute pelayarannya belum ditentukan, kata Marasabessy. (ANTARA)

Dibaca : 740 kali
Baru dibaca Terpopuler