Sabtu, 18 Nopember 2017 | 18:54 WIB

Telkom Segera Tuntaskan Akses Internet Seluruh Kabupaten/Kota

Jumat, 16 Agustus 2013 / tech & autos / antara

Pasuruan, investorpialang.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menargetkan program "Indonesia Digital Goverment" yang mengoneksikan seluruh kabupaten/kota di Indonesia dengan jaringan akses internet akan tuntas pada tahun 2013.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin di Pasuruan, Jawa Timur, Kamis, menjelaskan dari total sekitar 501 kabupaten/kota yang ada, hingga kini sebanyak 380 kabupaten/kota yang telah terkoneksi dengan akses internet "wifi@id".

"Tahun ini kami targetkan selesai. Kalaupun nantinya ada kabupaten baru hasil pemekaran, Telkom akan memasang akses internet juga," katanya saat perayaan pencapaian 5.000 sekolah terkoneksi akses internet program "Indonesia Digital School" (Indischool) di Divisi Telkom Timur.

Untuk pemasangan akses internet tersebut, pihaknya menarik kabel optik hingga ke kabupaten/kota yang lokasinya jauh atau terpencil. Namun, Awaluddin tidak merinci alokasi dana untuk pembiayaan proyek tersebut.

"Tidak lagi menggunakan kabel tembaga, tetapi kabel optik untuk mendukung akses internet berkecepatan tinggi (broadband)," tambahnya.

Menurut dia, konsumsi pita lebar (bandwith) dari 380 kabupaten/kota yang telah terkoneksi akses internet tersebut mencapai 8,5 Gigabyte (Gb) atau jika dirata-rata sekitar 25 Megabyte (Mb) per daerah.

"Bahkan, ada beberapa kabupaten/kota yang konsumsi bandwith-nya cukup tinggi, karena pengguna internetnya sangat aktif," tambah Awaluddin.

Pemasangan akses internet tersebut merupakan pemerataan informasi bagi masyarakat di seluruh Indonesia sebagai upaya meningkatkan kecerdasan dan daya saing, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

BUMN sektor telekomunikasi itu sedang fokus membangun "Indonesia Digital Network" (IDN) yang ditargetkan selesai pada 2015. Saat ini, Telkom sedang menyelesaikan pembangunan jaringan kabel optik di wilayah Indonesia timur.

"IDN merupakan salah satu program besar untuk mendukung masa depan perekonomian Indonesia yang dicanangkan pemerintah melalui MP3EI (Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia)," ujar Awaluddin.

Proyek IDN terbagi dalam tiga program besar, yakni ID Ring berupa penyediaan jaringan yang sedang dibangun Telkom dengan nama Nusantara Super Highway atau Palapa Ring, kemudian ID Access (penyediaan akses internet ke rumah-rumah dan Indonesia WiFi), dan ID Convergence (penyediaan konten dan aplikasi pendukung).

Dibaca : 694 kali
Baru dibaca Terpopuler