Rabu, 21 Februari 2018 | 08:43 WIB

Menkominfo Resmikan Penggunaan Sistem Telekomunikasi Bawah Laut

Selasa, 28 Mei 2013 / tech & autos / antara

Ternate, investorpialang.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring akan ke Ternate, Maluku Utara (Malut), meresmikan penggunaan sistem telekomunikasi bawah laut di wilayah timur Indonesia.

"Menkominfo ke Ternate meresmikan sekaligus meletakkan batu pertama penggunaan sistem telekomunikasi bawah laut yang menghubungkan sejumlah wilayah di Indonesia Timur," kata General Support PT Telkom Indonesia, Taha Saleh di Ternate, Senin.

Taha mengatakan, Menkominfo Tifatul Sembiring tiba Kota tersebut ada beberapa agenda yang akan diselesaikan di Kota Ternate khususnya dan provinsi Malut umumnya.

Selain peletakan batu pertama Ground breaking project palapa ring Telkom Ternate, Menteri juga meresmikan PT Telkom Indonesia Daerah Telekomunikasi Ternate menjadi Wilayah Telekomunikasi Ternate.

Untuk agenda untuk Menteri pada hari ini setelah tiba di Kota Ternate adalah agendanya sendiri, sementara untuk peletakan batu pertama Ground breaking project palapa ring Telkom Ternate akan berlangsung pada Selasa (28/5) Besok.

Dia menjelaskan, Ground breaking project palapa ring adalah sistem kabel optik bawah laut, yang diperuntukan bagi jaringan telepon, internet dan lainnya yang kabelnya terbentang dari sulawesi, Maluku, Malut, Papua dan Papua Barat.

Menurutnya, kabel tersebut dinamakan dengan istilah Sulawesi, Maluku, Papua Kabel Sistem (SMPCS), untuk itu, jika jaringan kabel tersebut sudah terpasang nantinya kualitas suara, kecepatan akses internet, speedy, akses data, semakin bagus.

"Selama ini kita di sini hanya menggunakan sistem jaringan, sekaligus mendukung Malut sebagai salah satu daerah yang masuk MP3EI," katanya.

Oleh karena itu, program ini akan bisa dinikmati oleh warga kota tahun depan, jika ini selesai maka jaringan sudah sama dengan daerah-daerah yang ada jawa. Oleh karena itu, dengan adanya ini nantinya semakin bagus jaringannya.

"Hari Selasa acara di PT Telkom Indonesia, sementara pak Menteri bersama acara Menteri dengan sejumlah kader PKS di Malut, sehingga acara di peletakkan batu pertama hari selsa di SPO Telkom Kalumpang, selain itu juga rangkaian acara penghijauan," katanya.

Dibaca : 505 kali
Baru dibaca Terpopuler