Jumat, 27 April 2018 | 00:36 WIB

Indonesia Gadget & Electronic Show 2013, Cerminan Gairah Industri IT Dalam Negeri

Jumat, 21 Juni 2013 / tech & autos / investorpialang.com

Jakarta, investorpialang.com – Pameran Indonesia Gadget & Electronic Show (IGES) 2013 yang menampilkan berbagai produk dan layanan terbaru untuk gadget & elektronik resmi berakhir pada Minggu (16/06). Seperti telah diduga sebelumnya, pada hari terakhir, jumlah pengunjung yang memadati seluruh area pameran di Jakarta Convention Center terlihat lebih banyak dibanding hari-hari sebelumnya.

Para peserta pameran juga memberikan promo dan diskon secara maksimal, sejak siang hari para peserta memberikan harga spesial di hari terakhir pameran atau memberikan bonus berupa produk tambahan untuk setiap pembelian produk utama. Strategi ini sukses mendorong pengunjung untuk membeli produk-produk yang ditawarkan para peserta.

Berbagai promo dan diskon pada hari terakhir kemarin sukses mendongkrak jumlah pengunjung pameran Indonesia Gadget & Electronic Show (IGES) 2013. Tidak hanya anak muda atau profesional pecinta dan penikmat Teknologi Informasi (TI), gadget dan elektronik, pameran ini juga sukses menarik pengunjung dari kalangan keluarga.

Hal ini sekaligus membuktikan bahwa industri IT dan elektronik tanah air, meskipun diprediksi mengalami penurunan, masih menunjukkan gairah positif. Baik peserta maupun pengunjung masih antusias berpartisipasi meramaikan pameran TI dan elektronik dan mendukung pertumbuhan industri ke depannya. 

“Kami sangat gembira melihat hasil positif yang diraih pameran Indonesia Gadget & Electronic Show 2013. Ke depannya kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi para pengunjung dan peserta pameran TI dan sejenisnya. Kami percaya bahwa animo yang tinggi dari masyarakat akan ikut membantu tumbuh dan berkembangnya industri TI dalam negeri,” ujar Dwi Putri Winahyu, Manager Divisi IT, Dyandra Promosindo.

Pameran Indonesia Cellular Show (ICS) 2013 dan Festival Komputer Indonesia (FKI) 2013 yang diselenggarakan di Jakarta merupakan bagian dari rangkaian pameran ICS dan FKI yang digelar secara esfafet di lima kota besar di Indonesia. Selain di Jakarta, pameran tersebut juga digelar di 4 kota besar lain di Indonesia yaitu Surabaya (29 Mei – 2 Juni), Jogjakarta (8 – 12 Juni), Makassar (12 – 16 Juni), dan Semarang (14 – 18 Juni). Seluruh rangkaian kegiatan pameran ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri IT dan elektronik Indonesia.  

Secara nasional, kelima pameran ini berhasil menarik total pengunjung sebanyak 373.635 orang dengan jumlah transaksi mencapai Rp 567.743.500.000,- . Tingginya jumlah pengunjung dan transaksi yang berhasil dicatatkan dengan sendirinya telah mencerminkan kontribusi positif pameran ini terhadap pertumbuhan industri IT dan eletronik dalam negeri.

Banjir Hadiah dan Penghargaan

Pameran Indonesia Gadget & Electronic Show (IGES) 2013 Jakarta telah ditutup secara resmi pada Minggu (16/06) sore kemarin. Meskipun demikian acara pameran sendiri masih terus berlangsung hingga malam hari. Acara closing ceremony yang diadakan di Kasuari Lounge, juga diisi dengan pengundian doorprize bagi pengunjung, pengumuman pemenang best booth dan favorite booth ICS, pengumuman pemenang Indonesia Cellular Award (ICA), dan pengumuman pemenang Miss ICS 2013.   

Suasana pengundian pengumuman pemenang best booth dan favorite booth ICS sert Miss ICS 2013. berlangsung semarak, diwarnai sorakan para pengunjung setiap kali nama pemenang disebutkan. Hal serupa juga terlihat saat Pemenang Best Booth ICS 2013 adalah XL dan OPPO sementara Telkomsel berhasil menjadi pemenang Favorite Booth pilihan pengunjung ICS 2013.

Indonesia Cellular Award (ICA) merupakan apresiasi kepada para pemain yang berprestasi di industri selular Indonesia. Tahap seleksi ICA diikuti oleh 27 prinsipal ponsel yang menominasikan 73 seri ponsel serta 8 operator. Untuk kategori lifetime achievement award, terpilih 13 nama yang masuk sebagai nominasi. Dari seluruh peserta, terpilih 15 pemenang untuk berbagai kategori terbaik yaitu:

  1. The Best Buy Phone : Lenovo P770
  2. The Best CDMA Phone : Smartfren Andromax U
  3. The Best Design Phone : Sony Xperia Z
  4. The Best Android Phone  : Samsung Galaxy Note II
  5. The Best Performance : Sony Xperia Z
  6. The Best Tablet PC : Apple new iPad
  7. The Best Windows Phone : Nokia Lumia 920
  8. The Most Popular Phone (kompas.com people vote) : Samsung Galaxy S4
  9. The Best Value Added Service : 3 - Three
  10. The Best Data Package : Axis
  11. The Best BlackBerry Package : Telkomsel
  12. The Best Customer Service : XL Axiata
  13. The Best CDMA Operator : Smartfren
  14. The Best GSM Operator : Telkomsel
  15. The Best Coorporate Social responsibility : Indosat 

Sementara itu, lifetime achievement award diberikan kepada Dian Siswarini – Chief Digital Services Officer PT. XL Axiata Tbk., sebagai pengakuan dan penghormatan atas kiprahnya selama ini di industri selular Indonesia.

Yang paling menarik dari seluruh rangkaian acara penutupan IGES 2013 Jakarta, dan berhasil membuat mata pengunjung tidak berkedip adalah pengumuman pemenang Miss Indonesia Cellular Show (ICS) 2013. Gadis-gadis cantik memenuhi Kasuari Lounge yang menjadi tempat berlangsungnya acara penutupan pameran Indonesia Gadget & Electronic Show 2013. Setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat, terpilih tiga nama yang menjadi pemenang Miss ICS 2013 tahun ini yaitu:

-          Lusiana dari Smartfren sebagai Miss ICS 2013

-          Hera dari Telkomsel sebagai Runner Up Miss ICS 2013

-          Melody dari XL sebagai Miss Favorite ICS 2013

Malam penutupan kemarin juga diramaikan dengan penarikan undian doorprize berupa 2 unit sepeda motor bagi para pengunjung yang beruntung. Selain itu, masih ada 47 doorprize hiburan lain yang diundi pada minggu malam (16/6) kemarin. Seluruh nama pemenang dan hadiah yang berhasil didapatkan dicantumkan dalam website resmi pameran ICS 2013 dan FKI 2013.

Para pemegang voucher undian ICS 2013 dan FKI 2013 yang belum beruntung membawa pulang doorprize tidak perlu berkecil hati, karena masih  ada satu kesempatan untuk memenangkan grandprize nasional berupa 1 unit All New Daihatsu Xenia. Pengundian grandprize nasional akan dilakukan setelah rangkaian pameran Indonesia Gadget & Electronic Show 2013 yang berlangsung di 5 kota besar di Indonesia berakhir.

Dibaca : 600 kali