Jumat, 25 Mei 2018 | 00:31 WIB

Datang, Lihat, dan Menang

Minggu, 10 Maret 2013 / tech & autos / otdanews
Jakarta, investorpialang.com – Akhir pekan ini beberapa kota di Indonesia terasa semarak dengan hadirnya pameran Mega Bazaar Computer (MBC) yang digelar di Medan, Makassar, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Khusus untuk Jakarta, Mega Bazaar Komputer digelar bersamaan dengan dua pameran lainnya yaitu, Indonesia Games Festival (IGF) dan pameran fotografi FOCUS 2013. Tak ayal lagi, ketiga pameran di arena Jakarta Convention Center ini kembali mengundang antusias masyarakat untuk berkunjung, khususnya di akhir pekan ini.
 
Pelaksanaan sebuah pameran sekelas MBC rasanya tak lengkap tanpa hadiah menarik bagi para pengunjung. Oleh karena itu, baik panitia maupun peserta pameran saling berlomba menawarkan promo maupun doorprize untuk menarik perhatian. Pada MBC 2013 ini, akan ada Grandprize Nasional berupa 1 unit Nissan Evalia untuk pengunjung yang beruntung. Khusus untuk Jakarta, tersedia beragam doorprize lain seperti 2 unit motor Yamaha, tablet, handphone dan Blackberry.
 
Untuk bisa mengikuti undian doorprize ini, pengunjung yang melakukan transaksi minimal 500 ribu rupiah dan kelipatannya berhak mendapatkan 1 nomor undian. “Setiap pengunjung yang berbelanja di area pameran MBC 2013 memiliki kesempatan menang dua kali doorprize di masing-masing daerah serta grandprize Nissan Evalia,” terang Dwi Putri Winahyu, Manager Divisi TI Dyandra Promosindo yang kemudian menambahkan pengunjung tidak akan rugi bertransaksi di MBC 2013, karena satu kali belanja, keuntungannya berlipat, mendapat promo harga spesial dari vendor peserta MBC serta dapat kesempatan menang berkali-kali.
 
Kesempatan menjadi pemenang di MBC tidak hanya lewat program doorprize dan grandprize, karena berbagai program kompetisi berlangsung selama penyelenggaraan pameran kali ini.
 
Gelar Kompetisi Nasional
 
Program yang menarik di akhir pekan ini adalah berlangsungnya puncak beragam kompetisi dan perlombaan yang berlangsung sepanjang minggu ini, khususnya di area Indonesia Games Festival (IGF), berbagai kompetisi digelar, seperti Yoyo National Competition, Cosplay dan DJ Controller.
 
Yoyo National Competition, diikuti oleh sekitar 55 peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti Medan, Bali, Makassar, Bogor, Indramayu dan lain-lain. “Di babak awal tiap peserta diberi waktu 1 menit untuk menunjukkan aksi mereka. Tiap peserta akan dinilai berdasarkan trick, kostum, musik dan penilaian lain. Di babak final pada Minggu (10/03), tiap peserta kembali beradu kemampuan untuk menjadi yang terbaik se-Indonesia karena ini merupakan kompetisi nasional,” ujar Andika selaku Koordinator acara ini. Pada hari terakhir pameran, akan berlangsung kompetisi final yang menentukan siapakah pemegang gelar pemain yoyo terbaik di Indonesia pada tahun 2013.
 
Untuk acara Cosplay atau Costume Play panitia memberi kebebasan peserta untuk menggunakan kostum favorit mereka. Cosplay merupakan singkatan dari “Costume Playing”, atau ada pula yang menyebutnya “Costume Role-play”, dimana para cosplayer (sebutan untuk mereka yang berkostum) menggunakan kostum, aksesoris untuk memerankan sebuah karakter. Kebanyakan orang menganggap bahwa cosplay dimulai di Jepang, namun ternyata cosplay itu dimulai dari tradisi barat. “Yang kami nilai di sini adalah bagaimana mereka mampu membawakan karakter yang mereka pilih termasuk apakah pilihan musik mereka tepat dengan kostum yang mereka pakai,” ujar Yona, Koordinator acara Cosplay di ajang IGF 2013. 
 
Selain games dan kompetisi untuk orang dewasa dan remaja, ajang IGF juga menggelar turnamen game untuk anak-anak. Games yang dilombakan antara lain Tournament Animal Kaiser, Tournament Hero of Robot dan Tournament Naruto. Turnamen games untuk anak-anak ini diadakan oleh MG Electronic. Ada pula pertunjukan khusus Stand Up Comedy yang digelar oleh KompasTV. Area IGF juga masih dipenuhi ratusan gamers yang berlomba di turnamen yang memainkan dua game internasional yaitu DOTA2 dan Counterstike: Global Offensive dengan hadiah belasan juta rupiah dengan babak final di hari Minggu (10/03).
 
Beberapa publisher game online yang ikut meramaikan ajang IGF 2013 antara lain  Garena Indonesia, Highwin dan Megaxus Infotech yang juga menggelar berbagai game bagi para pengunjung IGF. Garena Indonesia membawa game Heroes of Newerth atau HON, Highwin menggelar Klash Online  untuk semua pengunjung yang datang ke IGF dan Megaxus Infotech menyediakan beberapa PC untuk para pengunjung yang ingin mencoba bermain AyoDance, Lineage II, Grand Chase, SD Gundam, dan Counter-Strike Online.

Keriuhan kompetisi-kompetisi ini diharapkan bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk hadir dan menikmati pameran MBC dan IGF serta FOCUS 2013 yang akan digelar hingga Minggu. Sampai dengan hari keempat pameran, panitia mencatat sebanyak 167.649 orang pengunjung memadati pameran tahunan ini.

Dibaca : 664 kali
Baru dibaca Terpopuler