Jumat, 15 Desember 2017 | 21:01 WIB

Memburu Segala Macam Mobil di IIMS 2015

Senin, 24 Agustus 2015 / tech & autos / investor & pialang

Jakarta, INVESTORPIALANG – Sabtu (22/8) malam hingga Minggu (23/8) menjadi akhir pekan pertama yang menggemparkan pada IIMS 2015 di JIExpo Kemayoran sejak dibuka pada 19 Agustus 2015. Di semua hall lalu lintas pengunjung padat merayap meski tak terjadi kemacetan. Sebagian besar menyerbu booth APM yang menjajakan mobil-mobil unggulan, dari banderol termurah, sedang, kelas menengah, premium sampai super premium. Dari yang dibanderol kisaran 100 juta sampai mobil yang diproduksi terbatas dan khusus untuk dilihat macam LaFerrari.

Banyak pilihan di segmen Rp 100 juta sampai kisaran Rp 200 juta dengan varian terbaru 2015. Mulai dari Datsun GO dan Suzuki Karimun Wagon, Suzuki New Splash, Ertiga, Suzuki MPV, Hyundai Grand i10, KIA Picanto, Honda Brio dan Mobilio,  dari Toyota Grand New Avanza. Ada pula Nissan All New March, Evalia 1,5 dan Livina 1,5 L SV di segmen itu, berikut beberapa varian Chevrolet Spin dan Mitsubsihi Mirage.

Kelas di atasnya kisaran harga Rp 200 sampai 300-an juta juga banyak. Honda, Toyota, Mazda bersaing keras di ceruk kelas menengah ini, khususnya katagori sedan dengan menampilkan seluruh line up-nya. Di atas kelas itu lagi berderet mobil-mobil premium milik Fiat, Alfa Romeo, Mini, VW, Ford, Audi, BMW dan Mercedes-Benz, Range Rover, Dodge, Jeep, Chrysler. Tak ketinggalan sejumlah supercar lansiran Lamborghini dan Ferrari dengan beragam type dan spesifikasi.

“Dari segi mata benar-benar terpuaskan karena melihat banyak hal-hal baru. Tapi, dari segi kebutuhan malah jadi bingung sendiri karena banyak sekali pilihan dengan masing-masing kelebihan,” kata Andriano Suherlan dari wilayah Pondok Indah Jaksel yang datang dengan istri.

Tadinya pasangan muda ini sudah mantapkan hati untuk membeli mobil baru antara Honda Mobilio atau Toyota Grand Avanza. Karyawan sebuah perusahaan swasta ini ingin menambah mobil MPV karena dua anaknya sudah mulai besar dan butuh kendaraan keluarga yang lebih lapang. “Sampai di sini jadi berubah. Saya malah kepincut Honda BR-V, mobil keluarga yang aroma SUV-nya juga terasa. Istri sih pada dasarnya ikut saja, tapi sejauh ini belum diputuskan. Mungkin di rumah nanti akan diputuskan bersama setelah pelajari segala sesuatunya. Semua speknya sudah dipegang, tinggal memutuskan,” lanjut Andri yang juga keliling mencari aksesoris untuk ‘memperbaharui’ city car miliknya buatan 2012.

Ia lantas memutuskan ganti interior karena ada paket menarik yang ditawarkan peserta pameran di Hall C. Beberapa pernik lain juga masuk dalam daftar belanja.

“IIMS kali ini memang sangat berbeda. Lebih lengkap dari sebelumnya. Saya kira memang seharusnya beginilah sebuah pameran berlangsung, tak jenuh meski berada 7 jam di sini,” imbuh Andri yang ternyata anggota komunitas sebuah perkumpulan otomotif.

ANTUSIASME PRODUSEN

Sinyal positif juga diapungkan sejumlah produsen, khususnya yang bermain di ceruk pasar mobil penumpang dan city car. Produk-produk unggulan berlomba membuka program dan bonus spesial seperti Toyota, Isuzu, Ford, Hyundai, KIA, Nissan/Datsun, Suzuki, dan Mitsubishi dan masih banyak lainnya. 

Hal serupa diamini seorang petugas penjualan Mazda di samping booth BCA Finance. Ia mengaku malah surprise dengan antusiasme pengunjung. Seakan kontradiktif dengan kondisi pasar di luar pameran.

“Sampai saat ini Mazda2 masih menjadi primadona. Fitur-fiturnya paling disukai oleh konsumen,” katanya pada Minggu (23/8) sore yang tampak super sibuk melayani para pengunjung.(dul)

Dibaca : 440 kali
Baru dibaca Terpopuler