Senin, 20 Nopember 2017 | 11:01 WIB

Wapres RI Jusuf Kalla Resmikan IIMS 2015

Kamis, 19 Agustus 2015 / tech & autos / investor & pialang

Jakarta, INVESTORPIALANG – Konsep benar-benar baru, mampu diwujudkan PT Dyandra Promosindo pada event tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Beragam elemen otomotif dikemas rapi dalam satu pameran terbesar dan terlengkap. 

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla membuka resmi IIMS 2015 dengan desain opening ceremony KTT style pada Rabu (19/8). IIMS 2015 akan hadir selama 12 hari sampai 30 Agustus 2015 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran. Menempati lahan pameran seluas 100.000 m² atau naik lebih dari 10% dibandingkan pameran tahun lalu.

Dalam sambutan resminya, Wapres mengapungkan beberapa hal terkait industri dan bisnis otomotif Indonesia. Ia paham sekali sektor ini karena dulunya adalah salah satu pengusaha otomotif nasional yang sukses. Juga pernah menjabat Menteri Perdagangan dan Perindustrian sebelum menjadi Wapres era SBY dan Jokowi. Ia sama sekali tak menggunakan teks selama bicara.

Industri dan bisnis otomotif, katanya, salah satu indikator kemajuan ekonomi sebuah negara. Pengembangan sektor ini juga penting karena multiflier effect-nya pada banyak aspek seperti pajak, tenaga kerja, pengembangan teknologi dan sebagainya. Di Indonesia sendiri saat ini sudah terdapat ratusan vendoryang menopang industri otomotif dalam negeri dan memiliki potensi terus berkembang.

Ia juga menyinggung pergeseran kebutuhan mobilisasi masyarakat yang terus berkembang. Itu membuat kendaraan menjadi kebutuhan primer pada saat ini. Semakin sibuk sebuah kota justru membuat pertambahan kendaraan semakin banyak. Kalau tadinya sebuah keluarga hanya butuh satu mobil kemudian berkembang jadi dua atau tiga karena tuntutan situasi.

“Karena itu pameran otomotif seperti IIMS ini sangat penting untuk memberi gambaran dan pilihan kepada masyarakat, termasuk soal teknologi. Dalam kondisi pertumbuhan ekonomi yang baik, pameran seperti ini penting. Tetapi dalam suasana pertumbuhan ekonomi yang kurang kondusif, justru lebih penting lagi,” tandas Kalla disambut tepukan riuh pengunjung yang terdiri dari undangan khusus dari kalangan pemerintah terkait industri otomotif, para pelaku bisnis nasional, asosiasi partner IIMS dan para jurnalis peliput IIMS 2015.

Hari pembukaan memang hanya dikhususkan buat undangan VVIP, VIP dan jurnalis, sedangkan untuk pengunjung umum terbuka pada Kamis (20/8) hingga akhir pameran.

Penekanan tombol sirine diikuti pemunculan penayangan materi multimedia serta logo-logo dari masing-masing peserta IIMS 2015 pada layar LED raksasa yang dilakukan Wapres RI Jusuf Kalla, menandai pembukaan resmi pameran otomotif terbesar dan terlengkap tersebut. Ini sekaligus menandai awal era baru konsep pameran otomotif yang diusung Dyandra Promosindo, yakni The Essence of Motor Show yang mengintegrasikan semua elemen otomotif. 

Sebelumnya Agung Adiprasetyo selaku CEO Kompas Gramedia dalam kata pengantarnya menyebut sudah 20 tahun Dyandra Promosindo menggelar pameran mobil terbesar di Indonesia. Sebagaimana kalimat bijak yang mengatakan, siapapun yang ingin bertahan hidup harus sanggup berubah sesuai perkembangan zaman, karena itulah IIMS merasa perlu mengubah konsep dan visi baru setelah 20 tahun berlalu. Kini datang dengan tema The Essence of Motor Show yang menghimpun semua intisari yang berkaitan dengan dunia otomotif mulai sisi industri, bisnis, budaya, komunitas, edukasi, CSR, entertainment hingga lifestyle.

“IIMS 2015 menampilkan inovasi dan warna baru. Lebih dari sekadar pameran dan ajang transaksi, tetapi menjadi ruang besar yang mengintegrasikan semua elemen dan budaya otomotif. Pameran ini juga bertujuan meningkatkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk otomotif dalam negeri, sekaligus sebagai sarana unjuk kemampuan produk lokal,” kata CEO Kompas Gramedia itu. 

Lebih jauh Agung menjabarkan ekspansi internasional yang mulai tahun ini dilakukan Dyandra Promosindo dengan menggandeng Grand Prix International (GPI) selaku organizer Bangkok International Motor Show (BIMS). Ini langkah awal karena ke depan sangat besar potensi kerjasama dengan negara-negara Asean lainnya guna mendukung program ASEAN Economic Community.

“Kami ingin menghadirkan nuansa internasional dan membuka jalan investasi ke dalam negeri. Saat sama kami juga ingin turut menggairahkan otomotif dalam negeri dan meningkatkan potensi industri MICE di Indonesia. Melihat ke depan, kita perlu pahami bahwa industri otomotif memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penerimaan negara dan multiflier effect-nya bagi banyak pihak,” tandasnya.

Usai pembukaan resmi, Jusuf Kalla mengunjungi beberapa stand peserta pameran dan dalam beberapa kesempatan melakukan percakapan rileks. Ia bersama Ketua DPR-RI Setya Novanto, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri PAN & RB Yuddy Chrisnandi, Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat, Ketua GAIKINDO Jongkie Sugiarto dan sejumlah duta besar negara sahabat. Turut mendampingi adalah CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo, Chairman Dyandra Group Lilik Oetama, Presiden Direktur Dyandra Promosindo Ery Erlangga dan Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh serta diikuti eksekutif APM dan partner IIMS. 

Stimulus Mendongkrak Penjualan

Menempati lahan pamer seluas lebih dari 100.000 meter per segi, IIMS 2015 menghadirkan 50-an brandmobil dan sepeda motor anyar dari tiga benua (Amerika, Eropa, dan Asia). 

Dari puluhan brand mobil dan motor yang sudah memastikan keberadaan mereka di IIMS 2015 adalah  Honda, Ford, Suzuki, Toyota, Mercedes, Mitsubishi, VW, Audi, BMW, Nissan, Datsun, Isuzu, Jeep, Fiat, Chrysler, Dodge, Chevrolet, Mazda, KIA, Hyundai, Jaguar, Land Rover, Alfa Romeo, Mini, Mazda, Chevrolet, Ferrari, Porsche, Lamborghini, Marerati, BMW, Tata dan masih banyak lagi. Semuanya datang dengan tipe dan varian unggulan masing-masing. 

Sepeda motor yang merupakan pendatang baru resmi di ajang tahunan IIMS akan dimotori Yamaha, Harley-Davidson, BMW Motorrad, Italjet, Peugeot Scooter, Zero Motorcycle, KTM, Husqvarna, Honda, SYM, Kawasaki, Suzuki, SOIB, Piaggio/Vespa, Ducati dan Benelli. 

Dari kelompok industri otomotif dalam negeri, Paviliun Indonesia sudah pasti akan dimeriahkan pemain nasional dengan produk unggulan Fin Komodo (KD 250 AT untuk Survey dan Ambulans), serta mobil penumpang Tawon yang hadir dengan dua versi (City car dan Pick-Up). Juga karya mahasiswa UII Yogya untuk Mobil Listrik Android. 

Lebih dari 50 acara berkelas dunia telah disiapkan untuk menyemarakkan acara ini. Beberapa program unggulan seperti IIMS Drift War III, IIMS Supermoto, ASEAN Stunt Day, Bazaar Bagasi, Indonesia Car History, IIMS Food Truck Convoy, Gajah Monster Show, IIMS Indonesian Builder, Movie Cars, Parade Test Drive and RideIndonesia Racing History, Otoblitz Indonesia Classic Car Show, Thousands Car March, Rock Crawling oleh Indonesian Offroad Federation (IOF) dan masih banyak lagi. Pada saat yang bersamaan juga akan menyelenggarakan konser musik artis papan atas dunia Ariana Grande, penyanyi fenomemal dari Amerika Serikat ke Indonesia untuk ‘Honeymoon Tour’ di Asia, khususnya di JIExpo, Jakarta pada tanggal 26 Agustus 2015. 

Ditunjang oleh sektor industri pendukung yang jumlahnya ratusan dan dimeriahkan lebih 50 acara berkelas dunia, Agung Adiprasetyo kembali meyakinkan hadirin kalau IIMS 2015 adalah pameran otomotif terbesar dan terlengkap di negeri ini. Komposisi peserta dan acara yang dibuat, katanya, diharapkan bisa melebihi atau setidaknya menyamai jumlah pengunjung tahun lalu yang tercatat 380.000. 

Segmen pengunjung tahun ini bukan hanya para pengunjung yang haus informasi seputar produk otomotif terbaru, tetapi juga para pecinta mobil-mobil klasik yang secara khusus akan dipersembahkan Otoblitz Media Synergy dengan gelaran The 8th Otoblitz Indonesia Classic Car Show: All About Classic Car Future. Program ini akan menghadirkan line up mobil-mobil klasik terlengkap dan terbesar Asia Tenggara, antara lain mobil kepresidenan RI tempoe doeloe dan berbagai collector items lainnya. 

Ditambah lagi dengan nuansa motorsport dan kelahiran kembali Drift War III, pecandu modifikasi, dan penampilan spesial mobil-mobil offroad milik IOF, maka potensi kunjungan diharapkan membesar dari edisi sebelumnya. 

“Saya harap IIMS 2015 menjadi solusi bagi semua peserta. Kita sama-sama mengetahui dinamika bisnis otomotif dalam semester pertama tahun ini kurang kondusif dan banyak pelaku bisnis ikut terpukul. Rata-rata penjualannya di bawah target. Oleh karena itu bolehlah kita berharap IIMS 2015 ini menjadi stimulus mendongkrak penjualan hingga akhir tahun nanti,” tutup Agung. (dul)

Dibaca : 517 kali
Baru dibaca Terpopuler