Sabtu, 18 Nopember 2017 | 18:53 WIB

Tunjukkan Kepedulian Sosial Bersama IIMS 2013

Selasa, 24 September 2013 / tech & autos / investorpialang.com

Jakarta, investorpialang.com – Selain menggelar berbagai produk dan teknologi otomotif terbaru serta program-program hiburan yang banyak digelar pada akhir pekan, gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 juga tidak melupakan aspek penting lainnya yaitu aspek sosial. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran IIMS juga diisi oleh berbagai kegiatan sosial yang dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat berbagi. 

Berbagai kegiatan sosial yang akan meramaikan pameran IIMS tahun ini antara lain Donor Darah, Tour for the Disable, Student Visit, Book Donation, termasuk di dalamnya penyerahan kereta dorong bayi atau stroller dan kursi roda kepada panti asuhan dan juga panti werda, kegiatan sosial yang terakhir ini akan berlangsung setelah pagelaran pameran IIMS 2013 berakhir minggu depan.

Kegiatan donor darah tahun ini akan dimulai pada Selasa, 24 September 2013. Kegiatan ini dilakukan melalui kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan bertempat di Press Conference Room Hall B. Kegiatan donor darah di ajang pameran terbesar di Asia Tenggara ini akan dilakukan selama 3 hari yaitu pada tanggal 24, 26, dan 28 September 2013. Pengunjung dan peserta pameran yang ingin menyumbangkan darahnya untuk PMI bisa mendatangi Press Conference Room Hall B. Pada dua hari pertama atau pada tanggal 24 dan 26 September, kegiatan donor darah akan dilakukan pada pukul 11.00 WIB – 01.00 WIB sementara pada tanggal 28 September 2013, kegiatan ini akan dilakukan mulai pukul 10.00 WIB sampai 01.00 WIB. Dalam kegiatan ini panitia berharap bisa mengumpulkan cukup banyak darah yang nantinya bisa digunakan untuk menolong mereka yang membutuhkan.

“Melalui berbagai kegiatan sosial yang kami gelar sebagai acara pendukung pameran, kami ingin menunjukkan kepada publik bahwa IIMS tidak hanya fokus pada kegiatan yang bersifat komersial dan hiburan semata tetapi juga memperhatikan aspek sosial. Kami mengundang para pengunjung dan peserta untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan sosial yang kami adakan, seperti kegiatan donor darah yang manfaatnya sangat besar,” ujar Abiyoso Wietono, Manajer Divisi Otomotif Dyandra Promosindo.

Para pengunjung yang ingin mendonorkan darahnya hanya perlu melakukan registrasi dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini dilakukan untuk menyeleksi para pendonor karena tidak semua orang bisa menjadi pendonor. Orang yang ingin mendonorkan darah minimal memiliki berat badan 48 kg dan berusia di atas 17 tahun. Pembatasan ini dilakukan untuk menyeleksi pendonor dan memastikan bahwa darah yang didonorkan adalah darah yang sehat.

Selain kegiatan donor darah, panitia IIMS 2013 juga mengadakan kegiatan lain berupa Tour for the Disable yang akan diadakan pada 25 September 2013, Student’ Day pada 26 September 2013, dan berbagai program lainnya. Sebelumnya, panitia telah menggelar kegiatan IIMS Student Visit to Assembly Plant, yaitu kegiatan mengunjungi pabrik Agen Pemegang Merek peserta IIMS 2013 yang telah berlangsung pada 26 Agustus – 3 September 2013 lalu.   

Fasilitas Penunjang bagi Pengunjung IIMS 2013

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada pameran Indonesia International Motor Show kali ini para pengunjung yang datang kembali dimanjakan dengan adanya peminjaman stroller dan kereta dorong secara cuma–cuma.  Fasilitas peminjaman stroller dan kursi roda gratis ini bisa didapatkan pengunjung di Gedung Pusat Niaga JIExpo tepat di sebelah konter tiket.

Persyaratan untuk menikmati fasilitas ini sangat mudah. Pengunjung yang ingin meminjam stroller hanya perlu mengisi formulir registrasi yang tersedia di meja registrasi peminjaman stroller serta meninggalkan KTP atau SIM yang masih berlaku. Pengunjung juga diwajibkan mencantumkan nomor handphone yang bisa dihubungi setiap saat karena peminjaman fasilitas pendukung tersebut memiliki batas waktu, yaitu hanya selama 2 jam setiap peminjam. Dan apabila batas waktu yang telah ditentukan habis, pengunjung yang meminjam stroller atau kursi roda akan ditelpon oleh panitia untuk segera mengembalikan stroller atau kursi roda. Dengan demikian, fasilitas tersebut bisa digunakan oleh pengunjung lain secara bergantian.

Siska Megasaputri, seorang pegawai swasta di perusahaan otomotif yang datang bersama dua orang anaknya dan berkesempatan meminjam stroller menyatakan bahwa, “Fasilitas ini sangat membantu saya karena kebetulan saya lupa bawa dan saya pikir ini bayar tetapi ketika saya tanya pada panitia yang menjaga ternyata free. Kalau tidak ada peminjaman stroller baby mungkin pundak saya sudah pegal menggendong baby saya berkeliling JIExpo yang segini luasnya.”

Hal yang sama dikemukakan oleh Chandra Putra, seorang karyawan swasta yang datang bersama istri dan anaknya. “Sangat membantu sekali fasilitas seperti ini. Waktu dulu tahun 2010 saya kemari karena belum punya anak jadi saya tidak pernah merasakan manfaatnya, tetapi sekarang fasilitas ini sangat membantu sekali. Saya jadi tidak perlu bergantian menggendong anak dengan istri saya.”

Stroller dan kursi roda yang tersedia pada IIMS tahun ini tidak hanya akan berguna bagi pengunjung IIMS 2013, karena setelah IIMS 2013 berakhir, seluruh stroller dan kursi roda tersebut akan didonasikan untuk panti asuhan dan juga panti werda, “Donasi kereta bayi dan kursi roda sudah kami lakukan sejak IIMS tahun lalu, kami berharap donasi ini dapat berguna bagi yang membutuhkan,” tutur Abiyoso.

Dibaca : 733 kali
Baru dibaca Terpopuler