Senin, 20 Nopember 2017 | 11:03 WIB

Federer Melaju Ke Putaran Kedua AS Terbuka

Kamis, 28 Agustus 2013 / life & style / antara

New York, investorpialang.com - Roger Federer melakukan awal solid terhadap upayanya meraih gelar Grand Slam ke-18, melaju ke putaran kedua AS Terbuka dengan mengalahkan petenis Slovenia Grega Zemlja 6-3, 6-2, 7-5 pada Selasa (Rabu WIB).

Bintang tenis berusia 32 tahun ini, yang merupakan unggulan ketujuh di spot terendahnya di AS Terbuka sejak 2002, memenangi pertandingan yang semestinya dimainkan pada Senin malam namun ditunda karena hujan untuk mengunci pertemuan dengan Carlos Berlocg asal Argentina di babak 64 besar.

"Saya merasa senang," kata Federer. "Sesi siang atau sesi malam tidak pernah benar-benar menjadi masalah ketika Anda bermain di lapangan Arthur Ashe." Federer, yang start Grand Slam ke-56nya secara berturut-turut menyamai rekor sepanjang masa Wayne Ferreira, hanya memiliki satu gelar dari 14 ajang Grand Slam terakhirnya, yang didapat pada tahun lalu di Wimbledon.

Setelah tersingkir di putaran kedua Wimbledon, tersingkirnya ia secara paling dini sejak memenangi gelar Grand Slam pertamanya pada 2003 di All England Club, Federer hanya memerlukan 93 menit untuk menaklukkan Zemlja meski ia menyerah pada break di set ketiga.

"Anda akan menjalani beberapa kali tersedak seperti yang saya alami hari ini. Itu merupakan salah satunya," kata Federer. "Saya mungkin lebih percaya diri jika saya keluar keluar tanpa hal itu. Melalui cara ini saya harus bertarung sedikit lebih banyak. Siapa tahu? Mungkin itu memberi saya kepercayaan diri juga." Federer, yang memenangi lima gelar AS Terbuka secara berturut-turut dari 2004 sampai 2008, tidak pernah memainkan pertandingan kejuaraan di Flushing Meadows sejak kalah dari Juan Martin Del Potro di final 2009.

Tahun ini, Federer berpeluang bertemu dengan unggulan kedua Rafael Nadal di perempat final. Nadal belum pernah ia hadapi di AS Terbuka.

Petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic, juara Grand Slam enam kali yang meraih mahkota Australia Terbuka keempatnya pada Januari, memulai usahanya untuk tampil di final AS Terbuka untuk keempat kalinya saat ia menghadapi Ricardas Berankis asal Lithuania pada malam hari.

Petenis lain yang bermain belakangan adalah juara Australia Terbuka dua kali Victoria Azarenka, yang menghadapi Dinah Pfizenmaier asal Jerman. Unggulan kedua asal Belarus ini kalah dari petenis peringkat satu dunia Serena Williams di final AS Terbuka tahun lalu.

Unggulan kesepuluh asal Kanada Milos Raonic menembakkan 28 ace saat mengalahkan Thomas Fabiano asal Italia 6-3, 7-6 (8/6), 6-3, sedangkan pemilik pukulan serve keras lainnya John Isner melepaskan 16 ace untuk menaklukkan petenis Italia Filippo Volandri 6-0, 6-2, 6-3.

Raonic (22) percaya diri ia mampu mencapai perempat final Grand Slam untuk pertama kalinya, dari sektor undian yang menampilkan pula unggulan keempat asal Spanyol David Ferrer dan unggulan kedelapan asal Prancis Richard Gasquet.

"Saya pikir saya dapat menempatkan diri di posisi itu," kata Raonic. "Saya hanya harus memaksimalkan sejumlah peluang dan mengonversinya. Jika saya bermain baik, saya bisa sangat dekat, jika bukan memenanginya. Saya pikir saya bisa lebih baik lagi." Dua petenis berusia 22 tahun lainnya yang masuk 25 besar telah tersingkir. Petenis kualifikasi Argentina Maximo Gonzalez dikalahkan unggulan ke-14 asal Polandia Jerzy Janowicz 6-4, 6-4, 6-2, ketika semifinalis Wimbledon itu mengalami masalah sakit punggung dan unggulan ke-25 asal Bulgaria Grigor Dimitrov, kekasih bintang Rusia Maria Sharapova, kalah dari petenis Portugal Joao Sousa 3-6, 6-3, 6-4, 5-7, 6-2.

Unggulan ketujuh asal Ceko Petra Kvitova, juara Wimbledon 2011, dan runner up AS Terbuka 2009 Caroline Wozniacki berhasil mengatasi tantangan-tantangan dari rival-rivalnya yang berasal dari Asia.

Kvitova, sesama petenis papan atas di sektor undian Azarenka, mengatasi petenis Jepang peringkat 92 dunia Misaki Doi 6-2, 3-6, 6-1, sedangkan unggulan keenam asal Denmark Wozniacki menyingkirkan petenis kualifikasi peringkat 133 dunia asal China Duan Ying-Ying 6-2, 7-5.

Duan melakukan 46 kesalahan namun tetap dapat memberi tekanan kepada Wozniacki, yang berjuang untuk menghindari terulangnya tersingkir di putaran pertama AS Terbuka tahun lalu ketika kekasihnya Rory McIlroy, dua kali juara golf utama, menyaksikan dari tribun penonton.

"Ia tampil lebih ketat pada akhir (pertandingan) dan saya sedikit beruntung," kata Wozniacki. "Saya hanya berusaha tetap fokus dan tetap berjuang untuk setiap nilai. Ini merupakan hari untuk berupaya menyelamatkan diri. Ini bukan mengenai tampil cantik. Ini adalah mengenai menyelesaikan pekerjaan." Doi, petenis kidal berusia 22 tahun yang penampilan sebelumnya di AS Terbuka berakhir pada putaran pertama 2011 karena mengundurkan diri, menguji Kvitova pada kondisi berangin.

"Saya tidak bermain baik sepanjang pertandingan," kata Kvitova. "Saya tidak fokus. Saya harus memiliki lebih banyak kepercayaan diri." AS Terbuka merupakan satu-satunya ajang Grand Slam di mana Kvitova, yang selanjutnya akan bermain melawan petenis Serbia Bojana Jovanovski, belum pernah mencapai fase semifinal.

"Saya menyukai Wimbledon, yang lebih tenang," kata Kvitova. "Di sini terdapat lebih banyak keramaian dan pertunjukan besar. Saya menyukai pertandingan-pertandingan di stadion besar juga namun orang-orang ada di mana-mana. Ini terlalu ramai." Unggulan ke-13 asal Serbia Ana Ivanovic, juara Prancis Terbuka 2008, mengalahkan petenis Georgia Anna Tatishvili 6-2, 6-0 dengan waktu 58 menit. Ia selanjutnya akan berhadapan dengan petenis Rumania Alexandra Dulgheru.

Dibaca : 637 kali
Baru dibaca Terpopuler