Rabu, 22 Nopember 2017 | 19:51 WIB

Mentan Ajak Daerah Canangkan Gerakan Minum Susu

Senin, 03 Juni 2013 / life & style / antara

Bukittinggi, investorpialang.com - Menteri Pertanian RI Suswono mengajak pemerintah daerah agar mencanangkan gerakan minum susu murni bagi anak taman kanak-kanak (TK) dan murid sekolah dasar (SD) agar tumbuh menjadi sehat dan pintar.

Mentan RI mengajak masyarakat gemar meminum minum susu segar itu di hadapan ribuan murid SD pada peringatan Hari Susu Nusantara (HSN) ke V di halaman kantin Kota Bukittinggi, Sabtu.

Hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Irwan Prayitno, Wali Kota Bukittinggi Ismen Amzis, sejumlah kepalah daerah dan Kadis Peternakan provinsi dan kabupaten/kota.

Menurut Mentan, minun susu segar akan membuat ketahan fisik anak didik lebih kuat dan terhindar dari serangan penyakit.

Oleh karena itu pemerintah daerah diminta ikut mendorong masyarakat menjadikan susu segar sebagai makan tambahan.

"Daerah yang potensial dalam memproduksi susu segar harus dimotivasi untuk mengembangkan usahanya. Gerakan ini sudah terlihat meskipun belum menjadi gerakan masif di seluruh Indonesia," tegasnya.

Diakui bahwa gerakan minum susu tidak bisa dilakukan secara menyeluruh di negeri ini karena tidak semua daerah mempunyai potensi sama, ujarnya.

Menurut dia, apabila gerakan minum susu sudah menjadi gerakan untuk generasi sekarang dan mendatang, tentu memberi dampak terhadap tingkat produksi dan peternak akan makin bergairah karena terjadi peningkatan pendapatan.

Jadi, peternak tidak mesti menjual produk susu segar ke industri pengolahan, karena sudah bisa langsung ada pasaran di daerah sentranya.

Justru itu, bagi daerah yang potensial harus didorong pengembangan bidang peternakan dan sekaligus mencarikan pasarnya.

"Kementan dalam upaya mendorong peternakan sapi perah memberikan genetik dan intensif terhadap pakan," ujarnya.

Mentan juga memberi apresiasi yang telah dilakukan Pemprov Sumatera Barat sebagai salah satu sentra sapi perah cukup besar di luar Pulau Jawa.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan mendukung pencanangan minum susu segar bagi masyarakat karena sangat baik bagi kesehatan anak-anak dan mereka akan tumbuh dengan pintar.

Gerakan minum susu segar masuk sekolah, anak sehat dan pintar harus ditingkatkan, agar generasi di masa mendatang jadi cerdas.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi menyampaikan bahwa gerakan minum susu segar sejak tiga tahun terakhir sudah dimulai di sejumlah kabupaten/kota.

Buktinya, sejalan mulai adanya peningkatan susu segar, berdampak terhadap tumbuhnya cafe-cafe minuman yang produk utamanya susu segar.

Kini sedikitnya sudah tercatat sebanyak 26 titik cafe minuman yang tersebar di Padang, Padangpanjang dan Pariaman dengan produksi susu segar Sumbar sekitar 2.000 liter per harinya.

"Pasaran susu sapi segar Sumbar selain untuk memenuhi kebutuhan lokal, juga ke provinsi tentangga yakni Pekanbaru dan Batam serta Kerinci, Jambi," ujarnya.

Dibaca : 685 kali
Baru dibaca Terpopuler