Minggu, 22 April 2018 | 11:22 WIB

Kominfo Perkirakan Lonjakan Layanan Telekomunikasi Jelang Lebaran

Jumat, 26 Juli 2013 / sectoral / antara

Jakarta, investorpialang.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan telekomunikasi pada saat H-1 hingga H+1 lebaran, yaitu ketika berinteraksi saat mudik, kemacetan dalam arus mudik dan saat silaturahmi.

Siaran pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kominfo yang diterima di Jakarta, Kamis menyebutkan lonjakan diperkirakaan mencapai sekitar 20 persen hingga 37 persen dari hari-hari biasa.

Tujuh miliar layanan pesan singkat (SMS) akan saling terkirim di seluruh Indonesia pada tiga hari yaitu sehari sebelum lebaran hingga sehari setelah lebaran, lonjakan pengiriman SMS tersebut mengalami penurunan hingga sekitar 21 persen dibandingkan dengan Lebaran 2012.

Selain itu, layanan pengiriman pesan melalui MMS, BBM, WhatsApp Messenger, Line, Tango, Kakao Talk dan email juga cenderung meningkat hingga sebanyak 180 juta layanan pesan atau mengalami kenaikan hingga lebih dari 360 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Tahun ini, yang cukup menarik adalah layanan SMS meskipun masih tinggi sesungguhnya cenderung tidak mengalami peningkatan karena banyaknya warga masyarakat yang lebih memilih menggunakan layanan pengiriman pesan melalui BBM, WhatsApp Messenger, Line, Tango, Kakao Talk dan email.

Sementara itu, untuk layanan suara (telepon) diperkirakan secara total akan berlangsung pembicaraan hingga 6.684.000.000 menit dalam tiga hari dari puluhan juta pengguna layanan telekomunikasi, lonjakan ini meningkat sekitar rata-rata 14 persen dibandingkan Lebaran 2012.

Komunikasi data (pengunaan internet) juga akan mengalami kenaikan hingga sekitar 238 terabytes, atau sekitar rata-rata 26 persen hingga 65 persen dibandingkan kondisi normal.

Seluruh penyelenggara telekomunikasi diingatkan untuk menyediakan kapasitas banwidth yang berlebih guna mengantisipasi lonjakan komunikasi data tersebut.

Sejauh pantauan dan pengawasan Kementerian Kominfo penambahan kapasitas bandwith sudah dilakukan oleh seluruh penyelenggara telekomunikasi.

Dibaca : 581 kali
Baru dibaca Terpopuler