Selasa, 23 Januari 2018 | 18:56 WIB

Dahlan Senang Waskita Jadi "Wanita Cantik"

Selasa, 04 Desember 2012 / sectoral / antara

Jakarta, investorpialang.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku senang karena PT Waskita Karya segera melakukan penawaran saham kepada publik (IPO) pada 19 Desember 2012.

"Saya senang karena Waskita telah lolos dari ancaman penutupan. Sekarang, Waskita ibarat wanita cantik yang sedang diincar investor pasar modal," kata Dahlan, di Kantor Waskita Karya, Jakarta, Selasa.

Menurut Dahlan, Waskita sebelumnya diterpa kasus penggelembungan aset yang mengakibatkan perusahaan ini mengalami kerugian.

Untuk menyelamatkan Waskita, pemerintah pada 2010 melalui PT Perusahaan Pengelola Aset (PT PPA) melakukan restrukturisasi usaha dengan menyuntik dana sekitar Rp475 miliar.

Hal itu mengakibatkan porsi kepemilikan saham pemerintah di Waskita menjadi hilang.

"Waktu itu Waskita sudah menjadi mayat, dan berada di perkuburan PPA," kata Dahlan.

Namun saat ini diutarakan mantan Direktur Utama PLN tersebut, bahwa tidak ada yang paling indah selain status Waskita yang sudah menjadi perusahaan sehat kembali dan siap "melantai" di Bursa Efek Indonesia.

Menurut catatan, Waskita pada listing 19 Desember 2012 melepas sebanyak 3.082.315.000 saham atau 35 persen dari total kepemilikan saham perusahaan.

Berdasarkan rekapitulasi 'joint lead underwriter' (penjamin emisi) PT Danareksa, PT Mandiri Sekuritas dan PT Bahana Securities, penawaran IPO Waskita kelebihan permintaan 2-3 kali lipat.

Perseroan menargetkan dana hasil IPO yang diperoleh dari pelepasan 35 persen saham Waskita tersebut berkisar Rp1,1 triliun-Rp1,2 triliun.

Sebesar 60 persen di antaranya untuk membiayai proyek-proyek yang sedang berjalan, sisanya untuk modal kerja pengembangan bisnis. (ANTARA)

Dibaca : 408 kali
Baru dibaca Terpopuler