Sabtu, 20 Januari 2018 | 20:16 WIB

Pemprov Jatim Desak Pemerintah Melalui Jasa Marga Bangun Tol Gresik-Tuban

Sabtu, 13 Oktober 2012 / sectoral / antara

Tuban, 13 Oktober 2012 - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendesak pemerintah pusat untuk membangun tol Gresik-Tuban sebagai upaya mengatasi kendala transportasi di jalur pantai utara yang semakin padat.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jatim Hadi Prasetyo di Tuban, Sabtu, mengemukakan, pembangunan tol tersebut juga untuk mendukung percepatan ekonomi dan mendorong iklim investasi di Kabupaten Lamongan dan Tuban.

"Kami berharap Kementerian BUMN bisa mendorong Jasa Marga untuk merealisasikan proyek itu," kata Hadi Prasetyo saat menghadiri peresmian Pabrik Tuban IV milik PT Semen Gresik Tbk oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Ia mengatakan bahwa Pemprov Jatim sedang gencar-gencarnya membuka kawasan industri baru di sejumlah daerah, termasuk wilayah pantura, seperti Lamongan dan Tuban.

"Pembukaan kawasan industri di beberapa daerah tersebut juga mendapatkan dukungan dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Tinggal bagaimana menyiapkan sarana dan prasarana pendukungnya," tambah Hadi Prasetyo.

Keberadaan infrastruktur pendukung, terutama akses transportasi yang bagus akan membuat calon investor lebih tertarik untuk menanamkan modalnya.

Berdasarkan data BKPM, total nilai investasi yang masuk ke Jatim, baik dari dalam maupun luar negeri hingga semester I/2012 telah mencapai Rp132 trilun atau 47 persen dari target investasi nasional sekitar Rp280 triliun.

Selain infrastruktur jalan, Pemprov Jatim juga meminta pemerintah turut mendorong PT Pelindo III untuk mempercepat rencana proyek pendalaman alur pelayaran di Selat Madura, dari semula delapan meter menjadi 16 meter.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda menambahkan, saat ini terdapat lahan seluas 423 hektare di sekitar pesisir pantai yang siap untuk kawasan industri.

"Hingga saat ini, sekitar 80 hektare sudah dimanfaatkan untuk PLTU dan sisanya siap untuk industri lain, termasuk kalau bisa membangun pelabuhan penumpang. karena masyarakat Tuban juga perlu transportasi laut," ujarnya.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku tidak mengetahui ekonomis atau tidaknya pembangunan tol di jalur pantura Gresik-Tuban sehingga hal itu perlu dilakukan kajian terlebih dahulu.

"Apa tidak lebih baik yang dibangun itu tol Jombang-Tuban, untuk mengurangi beban padatnya jalur Jombang-Surabaya menuju Pelabuhan Tanjung Perak. Sudah tentu semua perlu dikaji dulu, mana yang diprioritaskan," ujarnya.

Mantan Dirut PLN itu sepakat jika infrastruktur jalan menjadi salah satu faktor penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama untuk memperlancar arus transportasi komoditas.

"Pulau Sumatera yang memiliki kekayaan sumber daya alam berlimpah, ekonominya akan lebih bagus dari Pulau Jawa kalau seandainya punya tol," katanya. (Antara)

Dibaca : 729 kali