Jumat, 19 Januari 2018 | 22:24 WIB

Penumpang Pesawat Tujuan Sumbar Diprediksi Meningkat

Kamis, 18 Juli 2013 / sectoral / antara

Padang, investorpialang.com - Dinas Pehubungan Provinsi Sumatera Barat memprediksi penumpang udara mengalami peningkatan sekitar 20 persen, karena perantau Minang akan banyak menggunakan jasa pesawat terbang saat mudik Lebaran 1434 hijriah.

"Khusus penumpang jalur udara pada lebaran setiap tahun mengalami kenaikan diprediksi sampai 20 persen, karena banyak masyarakat menggunakan jasa maskapai penerbangan," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Mudrika di Padang, Rabu.

Menurut dia, terjadinya kenaikan bahan bakar minyak baru-baru ini cenderung mendorong masyarakat perantau memilih mudik lebaran melalui jalur udara.

"Jadi, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik, seperti biasanya disediakan ekstra flight atau penerbangan tambahan sehingga tak terjadi kekurangan," kata dia.

Ia menjelaskan, maskapai yang melayani jaringan penerbangan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ada delapan, terdiri atas tujuh rute domestik dan satu internasional.

Maskapai penerbangan pendukung angkutan lebaran nanti, PT. Garuda Indonesia dengan rute Padang-Jakarta tiga kali sehari dengan kapasitas 180 penumpang/penerbangan.

Rute Padang-Medan satu kali penerbangan/hari dengan kapasitas 180 orang, rute Padang-Pekanbaru dua kali penerbangan/Minggu dengan kapasitas penumpang 160 orang.

Sedangkan Maskapai Lion Air, kata Mudrika, melayani rute Padang-Jakarta tiga kali sehari dengan kapasitas penumpang 180 orang/penerbangan.

Rute Padang-Medan dua kali penerbangan sehari dengan kapasitas 180 orang setiap penerbangan dan rute Padang-Batam sekali sehari mampu melayani penumpang 160 orang per penerbangan.

Selanjutnya Maskapai Sriwijaya Air melayani rute Padang-Jakarta tiga penerbangan per hari dengan kapasitas penumpang 180 orang, jalur Padang-Medan sakali sehari, kapasitas penumpang 180 orang/penerbangan.

Berikutnya maskapai Mandala Airline melayani rute Padang-Jakarta dengan dua kali penerbangan/hari, kapasitas penumpang 180 orang/penerbangan.

Kemudian Citilink melayani Padang-Jakarta dua kali penerbangan/hari dengan kapasitas sekali terbang 180 orang dan Padang-Batam dua kali/minggu, kapasitas penumpang 180 orang sekali terbang.

Maskapai Indonesia Air Transport melayani rute Padang-Bandung sekali penerbangan/hari dengan kapasitas 180 penumpang. Maskapai Air Asia melayani Padang-Kualalumpur sekali penerbangan/hari dengan kapasitas 160 orang.

Selain penerbangan antarkota dan negara, juga ada PT Susi Air melayan Padang-Rokot Kepulauan Mentawai dua penerbangan dalam sepekan dengan kapasitas 16 orang sekali terbang.

"Guna meningkatkan pengamanan pada arus mudik dan balik lebaran nanti, jajaran PT. Angkasa Pura II membuat posko terpadu dengan melibatkan berbagai instansi," katanya.

Dibaca : 627 kali
Baru dibaca Terpopuler