Kamis, 24 Mei 2018 | 16:40 WIB

Perhiasan Mutiara Digemari di Eropa Timur

Jumat, 31 Mei 2013 / sectoral / antara

Bukares, investorpialang.com - Perhiasan mutiara dari Indonesia diminati masyarakat di kawasan Eropa Timur, khususnya Ukraina dan Rumania, yang dianggapnya sebagai barang baru yang menarik.

"Di luar dugaan, mereka menyukai barang baru, perhiasan mutiara," kata perajin mutiara Ratna Zhuhry yang mengikuti misi dagang yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan (Kemendag), di Bukares, Rumania, Rabu.

Ratna mengatakan pada pameran Windows to Indonesia di Ukraina yang berlangsung 24-27 Mei 2013 yang merupakan rangkaian misi dagang Kemendag di Eropa Timur, banyak pembelian secara langsung dari pengunjung yang datang.

"Sebagian besar mereka membeli cincin, kalung, dan gelang," ujar Ratna yang mengembangkan merek Permata Bunda.

Selain penjualan langsung, ia juga mengaku tengah negosiasi harga dengan pengusaha Ukraina untuk kerja sama. "Mereka juga mau lihat budi daya mutiara kami di Nusa Tenggara Barat," katanya.

Selain di Ukraina, pada forum bisnis dengan pengusaha Rumania, Selasa (28/5), ia juga mendapat tawaran kerja sama untuk mengembangkan toko perhiasan.

"Kelihatannya mereka sangat tertarik perhiasan dari mutiara yang dipadu dengan kerang dan emas putih maupun perak. Mereka juga menilai harga produk kami tidak mahal," katanya.

Harga perhiasan mutiara dengan kombinasi kerang yang dibalut emas putih ataupun perak buatan Ratna dipasarkan dengan harga mulai dari 100 dolar sampai 600 dolar AS.

"Saya menilai peluang pasar perhiasan di Eropa Timur cukup bagus," ujar Ratna yang sudah mengekspor produknya antara lain ke Jepang dan Spanyol.

Ia mengaku baru pertama kali menjajaki pasar di Eropa Timur, terutama ke Ukraina dan Rumania, dan berharap ada misi dagang ke negara lainnya di kawasan itu untuk membantu pemasaran produk usaha kecil dan menengah.

Dibaca : 365 kali
Baru dibaca Terpopuler