Jumat, 27 April 2018 | 00:37 WIB

Butuh 1-2 Tahun Untuk Produksi Mobil BBG

Rabu, 25 April 2012 / sectoral / st08

 

Pialang News - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) menyatakan, principal roda empat membutuhkan waktu 1-2 tahun untuk memasarkan mobil dengan bahan bakar gas (BBG).
 
“Pemerintah sudah meminta produsen membuat mobil baru dengan konsumsi BBG. Namun, principal membutuhkan waktu untuk meluncurkan produk tersebut,” kata Ketua Umum Gaikindo, Sudirman Maman Rusdi di Jakarta, Rabu (25/4).
 
Menurutnya, pemerintah bersedia menyediakan konverter kit untuk mobil yang telah beredar di Indonesia. "Namun konverter kit untuk kendaraan roda empat harus disesuaikan dengan model mobilnya. Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) bersedia untuk membantu pemasangan alat tersebut,” ujarnya.
 
Untuk tahap awal konverter kit akan dipasang pada kendaraan dinas milik pemerintah dan angkutan umum. “Pemerintah memang mewajibkan kendaraan dinas dan angkutan umum menggunakan BBG,” tuturnya.
 
Menurut Sudirman, infrastruktur seperti Stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) masih menjadi kendala yang harus diatasi pemerintah. “Jika pemerintah mau sukses dengan program tersebut, maka SPBG harus diperbanyak. Di Indonesia SPBG di kota-kota kecil masih belum tersedia,” tandasnya.
Dibaca : 350 kali
Baru dibaca Terpopuler