Sabtu, 18 Nopember 2017 | 18:56 WIB

Brasil Verifikasi 5 Perusahaan Sepatu Indonesia

Jumat, 02 Maret 2012 / sectoral / indra bayu permana

 

PIALANG NEWS – Pemerintah Brasil akan memulai verifikasi terhadap lima perusahaan Indonesia yang memproduksi sepatu merek Adidas dan Nike terkait dugaan melakukan dumping circumvention.

Perusahaan sepatu tersebut diduga menjadi perantara produk asal China untuk masuk ke Brasil, atau melakukan dumping circumvention.

“Sebanyak lima perusahaan sepatu akan diverifikasi oleh pemerintah Brasil karena melakukan dumping circumvention. Dalam verifikasi tersebut, akan diperiksa mengenai data-data yang ada,”kata Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan (Kemendag) Ernawati, di Jakarta, jumat (2/3).

Menurutnya, pabrik sepatu asal Indonesia membutuhkan bahan baku dari negara lain, termasuk China, tetapi tidak melakukan dumping circumvention.

“Sepatu itu merupakan global manufacturing, sehingga komponennya berasal dari berbagai negara. Kami optimistis pabrik sepatu Indonesia tidak terbukti melakukan dumping circumvention,”ujarnya.

Tahun ini, Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) memperkirakan  ekspor alas kaki diperkirakan mencapai US$4 miliar, di tengah melemahnya pasar negara tujuan seperti Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa.

Dibaca : 674 kali
Baru dibaca Terpopuler