Jumat, 25 Mei 2018 | 00:51 WIB

SML Sumbang Kota Tangsel 1.000 Bibit Pohon

Jumat, 31 Mei 2013 / sectoral / antara

Tangerang, investorpialang.com - Sinar Mas Land (SML) melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSD) berencana menyumbangkan 1.000 bibit pohon untuk mendukung program penghijauan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan yang akan diselenggarakan pada Minggu (16/6).

"Kegiatan ini merupakan bagian dari penyelenggaraan Festival Hijau ke-10 yang diselenggarakan secara berkala di BSD, sekaligus dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup se dunia tanggal 5 Juni," kata Direktur Sinar Mas Land Syukur Lawigena di Tangerang, Kamis.

Penyelenggaraan Festival Hijau ke-10 dilaksanakan di dua tempat yakni Taman Kota BSD City, Kota Tangerang Selatan, 2 Juni 2013 dan Taman Makam Pahlawan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, 9 Juni 2013.

Syukur mengatakan BSD akan terus mengedukasi untuk membuka kesadaran masyarakat tentang pentingnya menyikapi pemanfaatan bahan makanan dan sumber daya alam secara bijak.

Persoalan lingkungan tidak dapat dilihat sebagai suatu yang berdiri sendiri, namun sangat terkait perilaku manusia terutama dalam memenuhi kebutuhannya, kata Syukur.

Perubahan perilaku melalui gaya hidup tentu saja merubah pola ekstraksi sumber daya alam dan energi, manusia seharusnya didorong untuk menggunakan sumberdaya alam secara berkelanjutan, kata Syukur.

"Festival Hijau BSD City yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun, merupakan salah satu bentuk upaya Sinar Mas Land untuk mengajak masyarakat berperan aktif menjaga dan peduli terhadap lingkungan. Festival Hijau juga wujud nyata kepedulian Sinar Mas Land terhadap isu-isu lingkungan seperti penanaman pohon, kebersihan lingkungan, banjir, global warning, dan kesegaran udara," ujar Syukur.

Pelaksanaan Festival Hijau BSD City ke-10 terbagi dalam dua rangkaian acara. Untuk acara pertama di Taman Kota BSD City, Tangerang Selatan, diisi kegiatan pembagian 1.000 bibit pohon kepada pengunjung dan pengguna jalan, uji emisi kendaraan bermotor, senam bersama, dan pagelaran berbagai kegiatan seni komunitas. Rencananya, kegiatan ini akan dihadiri Wali kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani.

Kegiatan kedua di Taman Makam Pahlawan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, rencananya akan dihadiri Bupati Tangerang A Zaki Iskandar, yang akan menanam bibit pohon di areal TMP bersama masyarakat. Kegiatan lainnya adalah pembagian 1.000 bibit pohon kepada masyarakat Kabupaten Tangerang, pameran kaligrafi dan kerajinan bambu hasil kreativitas masyarakat Pagedangan.

Bibit pohon yang akan ditanam dan disumbangkan Sinar Mas Land kepada masyarakat terdiri dari berbagai jenis yang termasuk langka, seperti buni, asem, jamblang, kayu arang, kayu manis, kepel, keben, kenari, kiputri, menteng, mundu, sawo duren, sindur, saputangan, dan sawo kecik.

Sampai saat ini, Sinar Mas Land telah menanam lebih dari 3 juta pohon di areal komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan lokasi lainnya. Di BSD City terdapat Taman dan hutan kota. Taman Kota seluas 2,5 hektare dibuka pada tahun 2004. Tempat tersebut memiliki sedikitnya 60 jenis tanaman dengan jumlah pohon lebih dari 10.000 batang.

Hutan Kota dibuka pada tahun 2006 dengan luas 9 hektare, termasuk danau buatan seluas 2 hektare. Di hutan ini terdapat bursa tanaman hias, jembatan gantung, gazebo, tree house, dan mini water flow. Hutan Kota memiliki lebih dari 25.000 batang pohon.

Dibaca : 642 kali
Baru dibaca Terpopuler