Senin, 18 Juni 2018 | 10:59 WIB

ICBC Akuisisi Bank of East Asia

Kamis, 10 Mei 2012 / sectoral / st03

Pialang News, Jakarta - Amerika Serikat membuka pasar perbankannya kepada ICBC, bank terbesar China, dan ini merupakan pengambilalihan bank Amerika Serikat pertama kalinya oleh sebuah perusahaan yang dikendalikan negara China.

Hanya beberapa hari setelah pembicaraan ekonomi tingkat tinggi Amerika Serikat-China di Beijing, Federal Reserve menyetujui aplikasi dari Industrial and Commercial Bank China untuk membeli saham mayoritas di anak perusahaan Bank of East Asia di Amerika Serikat.

Transaksi ini akan membuat ICBC bank pertama yang dikendalikan pemerintah China mengakuisisi cabang bank ritel di Amerika Serikat.

ICBC telah menjadi paling agresif dari "empat besar" bank China dalam ekspansi di luar negeri. Menurut The Fed, bank memiliki total aset sekitar US$ 2,5 triliun.

Pihaknya akan membeli hingga 80% unit Amerika Serikat dari Bank of East Asia yang berbasis di Hong Kong, yang mengoperasikan 13 kantor cabang di New York dan California.

Sebagai bagian dari kesepakatan ICBC dan dua perusahaan keuangan yang didukung negara pengelola kekayaan negara (swf) China Investment Corporation (CIC), dan Central Huijin Investment akan diakui sebagai induk perusahaan bank, diatur sebagai bank-bank komersial Amerika Serikat.

Ekspansi luas jejak China di pasar Amerika Serikat terjadi di tengah serangkaian reformasi keuangan di China yang bisa mulai membuka pasar menguntungkan untuk perusahaan-perusahaan Amerika Serikat.

Setelah pertemuan 3-4 Mei, Departemen Keuangan Amerika Serikat mencatat China telah membuat "kemajuan menggembirakan" di sejumlah masalah yang dicari oleh pemerintahan Obama, termasuk mengambil langkah-langkah ke arah yang lebih terbuka dan sistem keuangan berorientasi pasar.

The Fed, Rabu mengatakan bahwa usulan akuisisi ICBC, yang "relatif kecil," tidak akan memiliki banyak dampak di pasar perbankan.

"Gabungan deposito dari lembaga terkait di pasar perbankan Metropolitan New York mewakili kurang dari satu persen dari pasar deposito," bank sentral mencatat.

Kompetisi ini terdiri dari cabang Bank of China di wilayah metropolitan New York, dan CIC, yang memiliki saham noncontrolling di Morgan Stanley.

ICBC akan membayar 140 juta dolar Amerika Serikat untuk membeli 80% kepemilikan di Bank of East Asia USA, kantor berita China Xinhua melaporkan pada Januari 2011, pada waktu kesepakatan itu ditandatangani.

"Ini belum pernah terjadi sebelumnya, akuisisi saham pengendali di sebuah bank komersial Amerika Serikat dengan bank daratan yang strategis dan signifikan," kata Xinhua mengutif kepala ICBC Jiang Jianqing.

The Fed mengatakan dewan juga berkonsultasi dengan Komisi Regulator Perbankan China, regulator perbankan utama negara itu, dan menunjukkan perbaikan kuat dalam peraturan sejak didirikan pada 2003.

"Selama beberapa tahun, pihak berwenang di China terus meningkatkan standar konsolidasi pengawasan bank di China, termasuk melalui tambahan atau perbaikan peraturan otoritas dan bimbingan," katanya.

Dalam keputusan dewan Fed lainnya, Bank of China, bank terbesar ketiga, memperoleh persetujuan untuk cabang di Chicago. Bank of China mengoperasikan dua cabang federal yang diasuransikan di New York City dan cabang yang tidak diasuransikan di Los Angeles. Agricultural Bank of China, bank terbesar keempat, akan mendirikan cabang di New York City, di mana ia telah mengoperasikan kantor perwakilan.

Dibaca : 551 kali
Baru dibaca Terpopuler