Senin, 18 Juni 2018 | 10:30 WIB

Jembatan Selat Sunda Diminati 4 Negara

Kamis, 23 Februari 2012 / sectoral
Jembatan Selat Sunda Diminati 4 Negara

Empat negara, China, Jepang, Korea (Samsung), dan Amerika Serikat berminat menjadi mitra stategis pembangunan proyek Jembatan Selat Sunda (JSS). Bussiness Development Artha Graha Network  Wisnu Tjandra mengungkapkan, kalaupun  menggandeng pihak asing pembangunan proyek JSS dipastikan akan mengutamakan rekanan lokal dan pekerja dari Indonesia. "Kami jamin proyek ini sepenuhnya dari material Indonesia, bahkan juga pekerjanya. Dalam konteks ini, Indonesia akan jadi pemimpinanya," kata dia.

Wisnu Tjandra mengatakan, belajar dari pembangunan Jembatan Suramadu, langkah bermitra dengan investor asing ini akan benar-benar memperhatikan kapasitas perusahaan atau investor asing yang digandeng. Jangan sampai perusahaan penghasil boiler diminta untuk menggarap engineering, procurement, and construction (EPC).

"Makanya harus dipersiapkan dari sekarang, dari sisi SDM dan logistik. Contohnya, akan direkrut lulusan SMA sebanyak 500 orang dari Banten dan 500 orang dari Lampung. Lalu logistik dipetakan dari sekarang, kalau semennya kurang ya mulai dibangun pabrik semen baru dari sekarang. Jangan sampai nanti muncul 'lho kok impor'," kata dia.
 

Dibaca : 1396 kali
Baru dibaca Terpopuler