Senin, 20 Nopember 2017 | 10:46 WIB

PTPN X Terbitkan Obligasi Rp700 Miliar

Kamis, 10 April 2013 / derivative / antara

Surabaya, investorpialang.com - PT Perkebunan Nusantara X (Persero) melakukan pengumpulan dana dari investor dengan menerbitkan obligasi senilai Rp700 miliar, guna menopang sejumlah rencana ekspansi usaha perseroan.

Direktur Keuangan PTPN X (Persero) Dolly P Pulungan kepada wartawan di Surabaya, Selasa, menjelaskan rencana penerbitan obligasi sedang dikebut dan diharapkan bisa direalisasikan pada semester pertama 2013.

"Kami sudah mendapatkan restu dari Kementerian BUMN untuk melaksanakan aksi korporasi tersebut. PT Bahana Sekuritas dan PT AAA Sekuritas akan menjadi pelaksana penjamin emisi dalam penerbitan obligasi itu," katanya.

Menurut Dolly, PTPN X mendapatkan rating A plus (A+) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), yang menggambarkan prospek keuangan stabil dan kinerja perseroan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Dengan kinerja keuangan yang bagus, kami berharap kupon obligasi yang diterbitkan perseroan akan menarik investor," ucapnya.

Ia menambahkan, dana perolehan dari obligasi rencananya digunakan untuk penggantian modal kerja dari perbankan dengan suku bunga yang cukup tinggi, guna menopang bisnis di tiga pabrik gula di Sulawesi Selatan, yakni PG Takalar, PG Bone dan PG Caming.

Ketiga pabrik gula tersebut kini dikelola PTPN X sesuai tugas yang diamanatkan oleh Kementerian BUMN. Dari ketiga pabrik tersebut, PG Bone dan Caming yang sudah meraih keuntungan pada 2012, setelah sebelumnya selalu merugi.

"Sudah tiga tahun terakhir PTPN X diberi tugas dan kepercayaan untuk mengelola ketiga pabrik gula itu. Ke depan, kami pacu kinerjanya dengan memperbaiki sektor budidaya dan pengolahan, terutama dengan pendekatan mekanisasi agar hasilnya optimal," ujar Dolly Pulungan.

Ketiga pabrik gula di Sulsel itu telah menggarap lahan tebu seluas 11.000 hektare dan rencananya terus dikembangkan menjadi sekitar 15.000 hektare.

Selain opetimalisasi pabrik gula itu, dana penerbitan obligasi juga akan dimanfaatkan untuk menggenjot kinerja 11 pabrik gula PTPN X yang ada di Jawa Timur.

"Kami menargetkan produksi gula tahun ini bisa mencapai 538.000 ton, naik dari dari realisasi tahun 2012 sejumlah 494.000 ton. PTPN X adalah pemimpin industri pergulaan nasional sejak 2006 yang hingga kini belum tergoyahkan," tukasnya.

Selain dari dana penerbitan obligasi, lanjut Dolly Pulungan, pihaknya juga menyiapkan dana dari kas internal untuk menopang peningkatan kinerja, seperti pembelian lima alat "juice smoothing" senilai Rp25 miliar dan tata kelola pemeliharaan pabrik (in-house keeping) Rp40,8 miliar.

Pada tahun 2012, PTPN X membukukan laba sebelum pajak Rp506 miliar atau meningkat sekitar 140 persen dibanding pencapaian tahun sebelumnya sekitar Rp210 miliar.

Dibaca : 991 kali
Baru dibaca Terpopuler