Sabtu, 18 Nopember 2017 | 18:51 WIB

Aturan Transaksi Produk Derivatif Harus Sesuai Permintaan Pasar

Selasa, 27 Maret 2012 / derivative / cr02

 

Pialang News -  Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) meminta Bursa Efek Indonesia untuk lebih aktif dalam melakukan sosialisasi terkait peluncuran ulang produk-produk derivatif. 

Lily Widjaja, Koordinator Ketua APEI, mengatakan sebelumnya otoritas BEi sudah beberapa kali meluncurkan produk derivatif. Namun sayangnya produk-produk derivatif terdahulu tidak terlalu aktif ditransaksikan oleh investor. 

“Beberapa kelemahan produk derivatif terdahulu adalah penerapan beberapa biaya yang kurang disepakati pelaku pasar dan dinilai terlalu ketat. Sehingga produknya tidak likuid ditransaksikan. Oleh karena itu, pemberian sosialisasi juga harus sering diberikan kepada investor,” kata Lily, belum lama ini.

Selain itu, lanjut Lily, otoritas BEI juga harus membuat aturan terkait transaksi derivatif yang sesuai dengan keinginan investor. Sehingga investor tertarik untuk bertransaksi produk-produk derivatif tersebut.

“Evaluasi terhadap produk derivatif sebelumnya juga harus dilakukan, apa kelemahannya? Sehingga nantinya produk derivatif yang baru dapat sesuai dengan keinginan investor,” tambah Lily.

Oleh karena itu, Otoritas BEI juga harus lebih fokus dalam membuat aturan transaksi produk derivatif baru yang rencananya akan diluncurkan sebelum semester pertama 2012 berakhir.

Dibaca : 843 kali
Baru dibaca Terpopuler