Jumat, 27 April 2018 | 00:29 WIB

ISG Peluang Sumsel Tarik Investor Timur Tengah

Senin, 29 Juli 2013 / macro / antara

Palembang, investorpialang.com - Perhelatan olahraga Islamic Solidarity Games III di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013 akan menjadi peluang Sumatera Selatan menarik investor asal Timur Tengah dalam menanamkan modal pada sektor energi di daerah ini.

"Tentunya Islamic Solidarity Games (ISG) ini akan berpengaruh besar pada perkembangan investasi di Sumsel, berkaca dari pelaksanaan SEA Games 2011," kata Kepala Badan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal Daerah (BP3MD) setempat Permana di Palembang, Jumat.

Ia mengemukakan, peran Sumsel sebagai penyelenggara SEA Games tahun 2011 berdampak positif dalam iklim penanaman modal pada tahun berikutnya.

Pada 2012, Sumsel berhasil melampaui target investasi sebesar 106 persen setelah mencatat angka total Rp13,8 triliun.

Lantaran itu, Pemerintah Provinsi Sumsel mamatok target tinggi pada 2013 dengan Rp17,02 triliun. Sementara, pada semester pertama (Januari-Juni) tahun ini telah membukukan sekitar Rp8,3 triliun.

"Tentunya dengan semakin dikenalnya Sumatera Selatan di kalangan negara-negara asal Timur Tengah maka akan mendongkrak capaian penanaman modal asing di daerah," katanya.

Ia menambahkan, upaya Sumsel itu akan sejalan dengan himbauan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat mengharapkan setiap daerah membidik investor dari kawasan Timur Tengah, karena masuk kategori negara makmur yang kuat akan modal.

"Sejak beberapa tahun terakhir selalu diarahkan ke Timur Tengah, tapi harus diakui investasi yang masuk masih besar dari China dan India," ujarnya.

Sumsel sebagai daerah yang memiliki potensi di bidang energi aktif dalam mencari investor.

Sementara ini, investor asal Turki sedang menggarap perealisasian proyek geothermal (panas bumi) di Tanjung Sakti dan Empat Lawang.

Sedangkan, ISG sendiri direncanakan diikuti utusan 25 negara, di antaranya Maladewa, Suriah, Oman, Brunei Darusalam, Irak, Sudan, Kuwait, Bahrain, Tunisia, Iran, Gambia, Pakistan, Arab Saudi, Mesir, Yordania, Azerbaijan, Suriname, Mozambiq, Albania, Aljazair, Guinea, Turki, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Dibaca : 660 kali
Baru dibaca Terpopuler