Sabtu, 20 Januari 2018 | 20:12 WIB

Pengusaha Ceko Tertarik Bangun PLTM di Sumut

Selasa, 14 Mei 2013 / macro / antara

Medan, investorpialang.com - Pengusaha asal Republik Ceko tertarik membangun pembangkit listrik tenaga minihydro di Sumatera Utara serta pengolahan sampah menjadi energi.

"Calon investor asal Ceko itu serius berinvestasi di Sumut. Salah satu lokasi yang sudah ditinjau pengusaha itu adalah Kabupaten Langkat yang potensi airnya cukup besar," kata Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Perdagangan Luar Negeri Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumut Sjahrian Harahap di Medan, Senin.

Dia mengatakan itu usai pertemuan antara pengusaha Republik Ceko dan Sumut yang difasilitasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup Ceko bersama Kadin Sumut.

Menurut Sjahrian, investor Ceko memang cenderung tertarik berinvestasi pada usaha atau proyek yang berkaitan dengan air karena pengusaha negara tersebut cukup ahli di teknologi itu.

"Di Ceko, listriknya dihasilkan dari turbin bertenaga air," katanya.

Kadin berharap, pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten di Sumut memanfaatkan keseriusan pengusaha Ceko itu, karena selain Sumut masih bermasalah dalam soal pengadaan energi dan penanganan sampah, aturan main investasi bidang itu juga sudah ada.

Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko, H.E. Tomas Chalupa, mengatakan, Ceko merupakan negara yang semakin peduli dengan penjagaan lingkungan dimana antara lain berupaya memanfaatkan segala "limbah" seperti sampah untuk banyak hal seperti untuk energi listrik dan "basalt" yang bisa dipakai untuk membuat jalan..

Limbah dari air bersih yang dihasilkan rumah tangga, hotel dan restoran juga diolah menjadi sumber energi.

"Pengusaha Ceko berharap kerja sama dengan pengusaha Sumut terwujud," katanya, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumut, Hidayati mengatakan, pemerintah akan terus mengembangkan proyek-proyek yang berhubungan dengan "water treatment" karena bidang itu menjadi salah satu program prioritas.

Dia juga mengaku, banyaknya masih masalah dalam lingkungan termasuk besarnya potensi air di Sumut yang belum dimanfaatkan.

"Kalau ada investor yang tertarik untuk investasi di sektor itu tentunya disambut baik dan BLH siap mendukung," katanya.

Dibaca : 297 kali