Sabtu, 20 Januari 2018 | 20:14 WIB

PLN dan LPDB-KUMKM Tandatangani MoU Pengembangan Energi

Kamis, 29 Agustus 2013 / macro / investorpialang.com

Jakarta, investorpialang.com - Pemanfaatan sumber energy baru dan terbarukan (renewable energy) sebagai sumber alternatif  untuk membangkitkan tenaga listrik di Indonesia oleh Pemerintah terus didorong untuk dikembangkang, termasuk dengan melibatkan sektor Usaha Kecil dan Usaha Menengah (UMKM). Untuk itu, PT PLN (Persero) bersama dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) sepakat untuk mulai menjalin kerjasama dalam hal pengembangan dan peningkatan sarana serta prasarana sumber energy yang memanfaatkan bioenergi serta energy baru dan terbarukan yang ada di wilayah Indonesia.

Kerjasama yang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangai pada hari ini, Kamis (29/8) antara Direktur Utama PT PLN (Persero), Nur Pamudji dengan Direktur Utama LPDB-KUMKM, Kemas Danial di kantor pusat PLN, di Jakarta, memiliki jangka waktu 1 (satu) tahun terhitung sejak ditandatanganinya MoU.

Ada 3 poin utama dalam rencana kerjasama antara PLN (Persero) dengan LPDB-KUMKM ini, yaitu :

  1. Kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kerjasama di bidang Bioenergi dan Energi Baru serta Terbarukan,
  2. Kedua pihak sepakat untuk meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana sumber energy dibidang Bioenergi dan Energi Baru serta Terbarukan yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta
  3. Kedua pihak sepakat untuk mengembangkan dan memanfaatkan KUMKM yang bergerak maupun yang berpotensi dibidang Bioenergi dan Energi Baru serta Terbarukan.

Dalam MoU ini juga disebutkan bahwa LPDB-KUMKM bermaksud untuk memberikan akses pembiayaan usaha kepada Koperasi, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) guna mendukung pengembangan dan peningkatan sarana serta prasarana sumber energi di bidang bioenergi dan energi baru serta terbarukan, yang dikelola oleh KUMKM yang dinilai visible dan yang dalam pemasaran hasil produksi listriknya bekerjasama dengan pihak PT PLN (Persero).

Dalam hal ini PLN juga siap memberikan bantuan teknis dan asistensi kepada koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah dalam pengembangan bioenergi dan energi baru serta terbarukan.

Dibaca : 713 kali
Baru dibaca Terpopuler