Minggu, 22 April 2018 | 11:21 WIB

Arus Mudik dan Balik Tidak Menumpuk

Selasa, 13 Agustus 2013 / macro / antara

Jakarta, investorpialang.com - Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan hasil evaluasi, baik pada arus mudik dan perkiraan pada arus balik Lebaran tahun 2013 tidak menumpuk di satu hari.

"Tren mudik tahun ini pemudik lebih terurai," kata E. E. Mangindaan dalam siaran pers Kementerian Perhubungan yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Menhub, pelaksanaan angkutan Lebaran tahun 2013 dievaluasi bahwa jumlah pemudik semakin terurai sehingga angkutan jalan darat juga terpisah.

Ia memaparkan, hal tersebut juga terjadi akibat dari penyelenggaraan angkutan mudik 2013 cukup panjang waktunya dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tidak semua bertumpuk pada satu hari. Namun, berbeda dengan tahun lalu dimana puncak arus balik berpusat pada H-3 dan H-2," kata Menhub.

Menhub juga mengemukakan, pihaknya selama ini telah mengkoordinasikan semua moda baik darat, laut, udara, maupun kereta api sehingga terurai dan tidak menumpuk.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga telah melakukan kendali terkontrol dari Posko Lebaran antara lain untuk melihat titik-titik kemacetan sehingga bisa terkoordinasi dengan sistem buka tutup.

"Pelaksanaan manajemen lalu lintas pada Lebaran ini juga sudah bagus," kata Mangindaan.

Menhub mencontohkan, untuk koordinasi yang telah dilakukan pada sektor kereta api, Kemenhub menyiapkan tambahan 44 rangkaian KA disamping 265 rangkaian KA yang dioperasikan reguler. Selain itu, untuk jumlah kereta yang dioperasikan sebanyak 1.439 kereta dan untuk yang dicadangkan sebanyak 143 kereta.

Ia juga mengatakan, meski ada sejumlah kasus tabrakan kendaraan namun kecelakaan lalu lintas menurun dibandingkan tahun 2012 lalu.

Dibaca : 579 kali
Baru dibaca Terpopuler