Senin, 18 Juni 2018 | 10:50 WIB

Australia Janji Dukung Industri Mobil Yang Kesulitan

Jumat, 12 Juli 2013 / macro / antara

Sydney, investorpialang.com - Pemerintah Australia pada Kamis berjanji akan terus mendukung industri manufaktur mobil yang kesulitan di tengah laporan bahwa anak perusahaan General Motors, Holden, sedang mencari paket dana talangan besar lainnya.

Tingginya biaya manufaktur di Australia dan mata uang lokal yang kuat telah membuat semakin sulit bagi perusahaan mobil untuk bersaing dengan mobil impor yang murah, mendorong Ford pada Mei mengumumkan akan berhenti membuat kendaraan di negara itu pada 2016.

Holden, yang pada April mengumumkan rencana untuk memangkas 500 pekerjanya dan merupakan salah satu dari dua pemain utama yang tersisa bersama dengan Toyota, mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan "segala daya" untuk melindungi masa depan operasi lokalnya.

Tetapi pihaknya menolak untuk mengomentari laporan di surat kabar "The Australian" bahwa perusahaan itu menginginkan tambahan 265 juta dolar Australia (245 juta dolar AS) dari pemerintah untuk bertahan hidup, di atas 275 juta dolar Australia yang dijanjikan tahun lalu.

"Kami sedang diskusi dengan cermat dan konstan dengan kedua pihak politik -- di tingkat negara bagian dan federal -- tetapi tidak dalam posisi untuk mengomentari publik tentang rincian pembicaraan ini," kata juru bicara perusahaan.

Menteri Perindustrian Kim Carr juga menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal setiap subsidi yang akan datang, tetapi menyatakan: "Apa yang bisa saya katakan ... adalah bahwa pemerintahan Partai Buruh tetap benar-benar berkomitmen untuk memastikan kita memiliki industri otomotif yang sejahtera di Australia." Dia mengatakan kepada lembaga penyiaran publik ABC bahwa pembicaraan dengan Holden berkelanjutan dan rahasia.

Sektor manufaktur otomotif mempekerjakan lebih dari 50.000 orang di Australia dengan 250.000 pekerja lainnya di industri terkait.

Tetapi perusahaan telah kesulitan hingga saat ini, dengan dolar Australia diperdagangkan dekat atau di atas paritas dengan greenback selama hampir dua tahun, menekan ekspor dan memperburuk meningkatnya biaya produksi.

Canberra memperpanjang dana talangan 3,2 miliar dolar Australia untuk sektor yang sakit ini pada puncak penurunan ekonomi global dan menyediakan penyelamat tambahan untuk Ford dan Holden pada tahun lalu.

Dibaca : 641 kali
Baru dibaca Terpopuler