Kamis, 24 Mei 2018 | 16:43 WIB

Kemenkop Minta Hipmikindo Ciptakan Wirausahawan Baru

Rabu, 05 Juni 2013 / macro / antara

Jakarta, investorpialang.com - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) meminta Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Indonesia (Hipmikindo) merancang dan melaksanakan berbagai program yang dapat menciptakan lebih banyak wirausahawan baru di Tanah Air.

"Kami mengapresiasi dan mendorong kepada Hipmikindo untuk terus berdedikasi dan berprakarsa meningkatkan jiwa dan semangat kewirausahaan di Indonesia," kata Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop Meliadi Sembiring ketika membuka acara Seminar dan Lokakarya Kewirausahaan Nasional Tahun 2013 di Jakarta, Selasa.

Kemenkop mendukung langkah Hipmikindo yang memiliki kepentingan searah dengan kementeriannya yaitu memajukan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar makin mandiri dan produktif melalui berbagai program motivasi, perlindungan hukum dan perlindungan keselamatan kerja.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pengukuhan 11 lembaga teknis Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hipmikindo dan penandatangan MoU antara Hipmikindo dengan Lembaga Layanan Pemasaran (LLP)-KUKM.

"Kami harapkan ini mampu mengukuhkan eksistensi dan kiprah Hipmikindo untuk memajukan wirausaha di Indonesia," katanya.

Pada kesempatan yang sama pula Ketua Hipmikindo Muhammad Azhari Panjaitan mengatakan pihaknya siap membangun jiwa kewirausahaan bersama instansi lain di antaranya KKMB (Konsultan Keuangan Mitra Bank) dan BDS (Business Development Service).

"Kami ingin membangun program kewirausahaan bersama KKMB dan BDS menjadi 'three in one' untuk sekaligus membantu KUKM di Indonesia," katanya.

Pihaknya berharap KKMB bisa mengisi peran di bidang permodalan sedangkan BDS di bidang konsultasi.

Meliadi Sembiring menyambut baik rencana itu karena mendukung penumbuhan dan pengembangan kewirausahaan di Tanah Air.

"Kalau perlu lebih dari 'three in one' bahkan 'all in one' lebih baik karena memang dibutuhkan peran aktif dan sinergi antara akademisi, asosiasi pengusaha, pemerintah serta dukungan masyarakat," katanya.

Menurut dia, peran aktif dan sinergitas antara berbagai pemangku kepentingan akan menjadi kekuatan besar dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Meliadi berharap Hipmikindo ke depan mampu membantu para UKM binaan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, berikut kualitas produksi serta promosi dan pameran.

Apalagi Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan jumlah wirausaha di mana hal itu ditunjang dengan masih terbukanya peluang usaha baru dan jumlah wirausaha yang masih kurang dari dua persen dari total populasi penduduk.

"Untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa dibutuhkan wirausahawan minimal sebanyak dua persen dari populasi penduduk," katanya.

Pihaknya sendiri sedang terus menggalakkan Gerakan Kewirausahaan Nasional agar tahun ini mampu memenuhi target lebih dari dua persen populasi penduduk.

Dibaca : 279 kali
Baru dibaca Terpopuler