Minggu, 27 Mei 2018 | 20:44 WIB

APEC SOM Diharapkan Tingkatkan Ketahanan Pangan Global

Jumat, 25 Januari 2013 / macro / antara

Jakarta, investorpialang.com - Menteri Pertanian Suswono mengatakan rangkaian forum Asia-Pacific Economic Cooperation First Senior Officials' Meeting diharapkan bisa meningkatkan ketahanan pangan global.

"Ke depan akan terjadi peningkatan harga pangan dan volatilitas, untuk itu setiap negara harus berupaya untuk mengamankan pangan masing-masing," kata Mentan saat membuka rangkaian APEC SOM di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, negara-negara dengan ketahanan pangan yang baik seharusnya bisa membantu negara lain yang kebutuhan pangannya kurang. Dengan demikian, ketahanan pangan global bisa tercapai karena ada keseimbangan antarnegara.

"Banyak negara maju yang justru membuang makanannya, sementara itu banyak negara miskin yang kekurangan pangannya," jelasnya.

Sementara itu, upaya peningkatan ketahanan pangan di Indonesia, menurut Mentan akan ditujukan terutama untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Hal itu, akan dimulai dari "on farm" hingga pascapanen.

Terlebih karena saat ini dunia dihadapkan pada persoalan iklim dan konversi lahan yang membuatnya semakin menyempit.

"Masing-masing negara punya problem, tetapi intinya bagaimana meningkatkan produktifitas dan hilangkan kerugian yang selama ini terjadi," katanya.

Mentan berharap hasil forum itu akan menciptakan rencana pelaksanaan agar setiap negara punya kontribusi untuk negara lain yang membutuhkan pangan.

Rangkaian forum APEC SOM berlangsung dari 25 Januari hingga 7 Februari 2013 di Jakarta. Sementara APEC Summit akan diselenggarakan di Bali pada November 2013. (ANTARA)

Dibaca : 755 kali
Baru dibaca Terpopuler