Senin, 20 Nopember 2017 | 10:47 WIB

ONGC Beli Saham Ladang Gas di Afrika

Kamis, 28 Agustus 2013 / world / antara

New York City, investorpialang.com - Raksasa energi India ONGC membeli 10 persen saham di lapangan gas alam lepas pantai Mozambik senilai 2,64 miliar dolar dari wilayah Operator AS Anadarko Petroleum, ke dua perusahaan itu mengatakan.

Blok eksplorasi, yang dikenal sebagai Lepas Pantai Area 1, adalah di laut dalam cekungan Rovuma dan diperkirakan mengandung cadangan 35-65 triliun kaki kubik gas.

Proyek ini sedang dikembangkan untuk mendukung program gas alam cair yang besar Mozambik, yang bertujuan untuk memulai pengiriman kargo-kargo LNG pada 2018.

"LNG Mozambik merupakan proyek energi global utama, dan kami mlihat suatu kerja sama dengan mitra kami dan pemerintah untuk memajukan pembangunan menuju kelas dunia," kata ketua dan kepala eksekutif Anadarko Al Walker dalam pernyataannya.

Walker mengatakan kesepakatan itu memungkinkan Anadarko untuk mendapatkan kembali investasi, membawa kembali modal untuk investasi dalam proyek-proyek lainnya.

Kesepakatan itu menandai salah satu investasi minyak dan gas alam lepas pantai terbesar perusahaan tersebut.

Blok ersebut merupakan salah satu yang dioperasikan oleh perusahaan Italia, Eni yang juga akan menjadi bagian dari proyek LNG.

Awal bulan ini China National Petroleum Corp mengatur kesepakatan untuk membeli 20 persen saham di blok itu, yang dikenal sebagai Area 4 dengan nilai4,21 miliar dolar.

Dibaca : 902 kali
Baru dibaca Terpopuler