Kamis, 26 April 2018 | 14:45 WIB

Impor Minyak China Capai 500 Miliar Dolar Pada 2020

Rabu, 21 Agustus 2013 / world / antara

Paris, investorpialang.com - Tujuh puluh persen kebutuhan minyak China akan berasal dari impor pada 2020, dengan tagihan diperkirakan akan mencapai rekor 500 miliar dolar (375 miliar euro) karena pertumbuhan ekonomi yang cepat memacu penjualan mobil, studi menunjukkan Selasa.

Dalam laporan tersebut, perusahaan penasehat Inggris Wood Mackenzie mengatakan impor minyak mentah China akan melampaui Amerika Serikat pada 2017 dan diperkirakan akan mencapai 9,2 juta barel minyak per hari pada 2020.

Pada saat yang sama, dilaporkan bahwa impor minyak AS akan menyusut menjadi 6,8 juta barel per hari atau mengeluarkan anggaran sekitar 160 miliar dolar dari puncaknya 335 miliar dolar, terutama didukung penurunan permintaan dan peningkatan pasokan domestik dan pertumbuhan impor dari Kanada.

"Oleh karena itu kita akan melihat OPEC pemasok, yang tradisional berfokus pada AS untuk penjualan minyak mentah, terpaksa mengalihkan fokus mereka terhadap China," kata William Durbin, presiden yang berbasis di Beijing kelompok pasar global.

Perusahaan memperkirakan bahwa impor China dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan tumbuh menjadi 66 persen dari 52 persen yang tercatat pada tahun 2005.

Analis pasar minyak Harold York mengatakan lonjakan impor China sebagian besar bisa disebabkan oleh pertumbuhan permintaan minyak dalam negeri dan pertumbuhan ekonomi China.

"Pada 2020 China akan menjadi ke dua setelah AS untuk total armada kendaraan mobil pribadi yang digunakan. Dari 2005-2020, China akan melihat jumlah kendaraan meningkat 20 juta sampai 160 juta," katanya.

China telah menjadi pengguna energi terbesar di dunia dan konsumen minyak terbesar ke dua setelah Amerika Serikat.

Pekan lalu, Administrasi Informasi Energi AS (EIA) mengatakan bahwa dari Oktober, China akan mengambil alih posisi AS importir minyak terbesar di dunia.

Dibaca : 730 kali
Baru dibaca Terpopuler