Jumat, 25 Mei 2018 | 00:32 WIB

Ethiopia Tandatangani Perjanjian Dengan Raksasa Telekomunikasi China

Selasa, 20 Agustus 2013 / world / antara

Addis Ababa, investorpialang.com - Ethiopia menandatangani kesepakatan dengan raksasa telekomunikasi China ZTE senilai 800 juta dolar AS (600 juta euro) pada Minggu untuk memperluas jaringan telekomunikasi, kata operator nasional Ethio Telecom.

"Proyek perluasan sangat penting untuk mencapai tujuan Ethio Telecom untuk meningkatkan akses layanan telekomunikasi dan cakupan di seluruh negara serta meng-upgrade jaringan yang ada," kata kepala eksekutif Andualem Admassie kepada wartawan pada acara penandatanganan tersebut.

Perjanjian ini merupakan bagian dari proyek perluasan telekomunikasi senilai 1,6 miliar dolar, bersama dengan China Huawei Technologies. Huawei dan ZTE mempunyai skema pembagian biaya.

Proyek perluasan bertujuan untuk meningkatkan akses ponsel dan Internet 3G di seluruh negeri dan memperkenalkan 4G broadband internet di ibukota Addis Ababa.

Ethio Telecom, satu-satunya perusahaan telekomunikasi negara itu dan penyedia jasa layanan internet, bertujuan untuk meningkatkan cakupan layanan seluler hingga 80 persen dari Etiopia dengan proyek perluasan.

Andualem mengatakan ekspansi tersebut merupakan bagian dari "pertumbuhan Ethiopia dan rencana transformasi", sebuah cetak biru ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan membantu Ethiopia mencapai status berpenghasilan menengah pada 2025.

Kurang dari satu persen dari penduduk Ethiopia yang mencapai 85 juta orang memiliki akses ke ponsel Internet dan 23 persen penduduknya berlangganan ponsel, menurut International Telecommunication Union (ITU).

Dibaca : 551 kali
Baru dibaca Terpopuler