Senin, 20 Nopember 2017 | 10:47 WIB

Investor India Ingin Dukungan Pemerintah RI

Rabu, 27 Agustus 2013 / world / antara

Jakarta, investorpialang.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengemukakan bahwa investor India yang ingin berinvestasi menginginkan adanya dukungan dari pemerintah Republik Indonesia di berbagai sektor yang ingin mereka masuki.

"India menginginkan adanya kepastian dalam berinvestasi di Indonesia," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Telekomunikasi dan Penyiaran Didie Soewondo dalam acara pertemuan Kadin RI-India di Jakarta, Senin.

Menurut dia, investor India menginginkan adanya kepastian dukungan seperti beragam fasilitas dari pemerintah RI antara lain karena pada tahun 2014 akan terdapat pemilihan umum di Indonesia.

Namun, lanjutnya, lambatnya realisasi sejumlah kerja sama antara India dan Indonesia juga diakibatkan dengan memburuknya kondisi perekonomian di India yang sedang mengalami masa sulit.

Ia memaparkan, kerja sama yang lambat untuk terwujud ini juga mengakibatkan kedua negara sepakat untuk menyusun daftar proyek yang mesti menjadi fokus prioritas kedua belah pihak.

"Beberapa kerja sama antara Indonesia dan India memang masih terhambat," katanya.

Sejumlah sektor yang menjadi kerja sama antara RI dan India antara lain di bidang teknologi informatika, otomotif, pendidikan, dan infrastruktur.

Didie menyatakan bahwa sejumlah investor India telah tertarik untuk menggarap bidang-bidang yang selama ini masih belum diberdayakan optimal.

Sedangkan dalam bidang pendidikan, Didie mengakui bahwa India memiliki keunggulan dalam sektor pendidikan terutama dalam sumber daya manusia di bidang teknologi informatika (TI).

"India diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM di bidang IT," katanya.

Sementara itu, Presiden Kadin India (FICCI) Naina Lal Kidwai mengatakan, India menyoroti banyaknya kesempatan untuk berinvestasi di Indonesia.

Terlebih, menurut Naina, Indonesia memiliki jumlah kelas menengah yang terus bertambah serta masih banyaknya infrastruktur yang ingin dibangun di Indonesia.

"Kami memiliki banyak pengalaman seperti dengan penggunaan teknologi alternatif yang berbiaya lebih murah," ujarnya.

Sepanjang 2012, ada sekitar 58 perusahaan India yang berinvestasi di Indonesia dengan nilai investasi senilai 78,1 juta dolar AS. Jumlahnya diprediksi akan terus tumbuh mengingat pertumbuhannya dari 2011 mencapai 86,4 persen.

Dibaca : 912 kali
Baru dibaca Terpopuler