Kamis, 26 April 2018 | 14:42 WIB

Perdagangan ASEAN-AS Tetap Tinggi

Kamis, 22 Agustus 2013 / world / antara

Bandar Seri Begawan, investorpialang.com - Perdagangan antara ASEAN dan Amerika Serikat tetap kuat pada 2012 di tengah situasi dunia yang serba tidak pasti.

Total perdagangan antara ASEAN dan AS pada 2012 mencapai 200,2 miliar dolar AS, demikian hasil pertemuan ASEAN dengan Perwakilan Perdagangan AS (USTR) di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Rabu.

Dalam kegiatan yang merupakan rangkaian Pertemuan Menteri-menteri Ekonomi ASEAN ini, hadir Wakil Menteri Perdagangan Indonesia Bayu Krisnamurthi.

Hasil pertemuan itu tidak menyebutkan angka 2011, namun disebutkan AS tetap menjadi mitra perdagangan keempat terbesar bagi ASEAN.

Para menteri yang hadir pada pertemuan tersebut juga mencatat aliran investasi langsung asing (FDI) dari AS ke ASEAN sekitar 6,9 miliar pada 2012. Ini membuat AS menjadi negara investor ketiga terbesar di ASEAN.

Untuk meningkatkan perdagangan kedua negara, pada pertemuan itu para menteri membicarakan rancangan kerangka kerja investasi dan perdagangan antara ASEAN-AS, serta pejanjian ekonomi yang diperluas.

Mengenai pertemuan menteri Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) ke-9.para menteri menekankan perlunya sistem perdagangan multilateral, meneruskan perdagangan internasional yang berkelanjutan dan memastikan pertumbuhan ekonomi global di tengah ketidakpastian ekonomi dunia.

Para menteri menegaskan kembali komitmen mereka agar petemuan menteri WTO ke-9 di Bali memberikan hasil yang baik di bidang fasilitas perdagangan, bidang pertanian, dan isu-isu lainnya.

Dibaca : 696 kali
Baru dibaca Terpopuler