Jumat, 27 April 2018 | 00:41 WIB

Peringkat Utang 16 Bank Spanyol Dipangkas Moody’s

Jumat, 18 Mei 2012 / world / st04
Peringkat Utang 16 Bank Spanyol Dipangkas Moody’s
Terkait :

Pialang News, Jakarta - Moody 's, lembaga pemeringkat internasional memangkas peringkat utang 16 bank Spanyol antara 1-3 tingkat akibat terus memburuknya dampak krisis Eropa.

Sejumlah bank yang dipangkas peringkat utangnya antara lain Santander dan BBVA sebanyak dua tingkat dari sebelumnya Aa3 menjadi A3. Serta Banesto dan CaixaBank juga turun peringkatnya menjadi A3.

Namun, Moody’s tidak memangkas peringkat utang Bankia, bank terbesar keempat di Spanyol yang diambil alih sahamnya oleh Pemerintah Spanyol sebanyak 45% pada 9 Mei 2012.

“Pemangkasan sejumah bank di Spanyol tersebut sebagai akibat krisis yang semakin buruk. Ditambah kondisi tingkat pengangguran yang cukup signifikan. Itu yang membuat peringkat utang 16 bank menurun," kata Moodys, dalam pernyataan resmi yang dirilis Kamis (17/5).

Sejumlah bank di Spanyol juga mengalami penurunan kualitas aset akibat melambungnya kredit bermasalah khususnya perusahaan-perusahaan properti. Moody's mengakui, penurunan peringkat tersebut masih tertolong tren positif seperti kekuatan modal bank, dan dukungan likuiditas dari Bank Sentral Eropa.

Namun faktor-faktor positif tersebut dinilai lambat laun tidak mampu menahan ancaman penurunan modal bank yang terjadi.

Dibaca : 910 kali
Baru dibaca Terpopuler