Minggu, 22 April 2018 | 11:33 WIB

Buffet Tak Berminat Beli Saham Facebook

Minggu, 06 Mei 2012 / world / st05

 

Pialang News – Legenda hidup investasi Warren Buffet tidak memiliki rencana untuk membeli saham Facebook dalam penawaran saham perdana (IPO) mendatang. Namun, Buffet menilai tindakan Mark Zuckerberg untuk tetap menjadi pemegang saham pengendali adalah tindakan yang benar.

Buffet mengatakan Zuckerberg adalah sosok pria cerdas, yang mampu membangun Facebook sebagai sebuah perusahaan yang disebutnya luar biasa. “Dia akan tetap mengontrol perusahaannya, itu sudah pasti,” katanya, seperti dikutip dari CNBC.com (5/5) seusai pertemuan tahunan Berkshire Hathaway.

Menurut Buffet pilihan untuk tetap menjadi pengendali juga dilakukannya pada Berkshire.

Dalam IPO mendatang, Facebook  berpotensi memperoleh dana sebesar US$ 95 miliar atau setara Rp 870 triliun dari pelaksanaan penawaran umum saham perdana (IPO) yang akan dilaksanakan bulan ini.

BBC melaporkan hal tersebut setelah perusahaan pemilik situs jejaring sosial Facebook itu menetapkan harga saham yang akan dilepas ke publik antara US$ 28-US$ 35 atau sekitar Rp 257.000 sampai Rp 321.000 per saham.

Buffet memang dikenal dengan nasehat kepada investor untuk berinvestasi kepada bidang bisnis yang dipahami, dan dapat dianalisis. Sejauh ini, Buffet memang tidak begitu tertarik dibidang saham-saham teknologi.

Ini dibuktikan oleh pilihan investasinya. Buffet misalnya dengan jujur memberikan jawaban kepada investor mengapa tidak tertarik dengan saham-saham raksasa industri teknologi seperti Google dan Apple. Kepada pemegang saham Berkshire, Buffet dengan sederhana mengatakan dia tidak begitu faham perusahaan seperti Google dan Apple, termasuk potensi bisnis ke depan.

Meskipun begitu, Berkshire justru dikabarkan hendak mengakusisi IBM  senilai US$13.1 miliar.

Dibaca : 874 kali
Baru dibaca Terpopuler