Sabtu, 20 Januari 2018 | 08:39 WIB

34 Broker Terancam Sanksi Dari Regulator

Selasa, 24 April 2012 / market / st02

Pialang News - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) sedang melakukan penyelidikan kepada 34 anggota bursa  yang masih mengizinkan nasabahnya bertransaksi tanpa melalui rekening dana nasabah (RDN) yang telah dibukakan.

 
Sebenarnya, jumlah tersebut menurun dari  akhir Maret 2012 dimana tercatat ada 37 anggota bursa yang mengizinkan nasabahnya bertransaksi tanpa melalui RDN. 
 
Hal tersebut dikatakan Ketua Bapepam-LK, Nurhaida, beberapa waktu lalu. Menurutnya, pihaknya akan tanya satu per satu dari anggota bursa tersebut alasan mengapa mereka mengizinkan nasabahnya bertransaksi tanpa melalui RDN.
 
Jika memang perusahaan efek yang bersangkutan menemui kendala dalam sistem dari masing-masing nasabah namun nasabah tersebut sudah dibukakan RDN, maka regulator akan mencari solusinya bersama. 
 
"Namun, jika dalam hasil investasi yang dilakukan, regulator menemui fakta bahwa broker yang bersangkutan tetap mengizinkan nasabah melakukan transaksi meski tidak menemui RDN, maka broker tersebut akan mendapatkan sanksi sesuai ketentuan yang telah diatur Bapepam-LK," tegasnya. 
 
Alasannya, lanjut Nurhaida, hal tersebut sudah dikategorikan sebagai bentuk pelanggaran di bidang pasar modal. 
Dibaca : 852 kali
Baru dibaca Terpopuler