Jumat, 23 Februari 2018 | 13:52 WIB

BJTI-AKR Buat Perusahaan Patungan Optimalkan Gresik

Rabu, 15 Mei 2013 / market / antara

Surabaya, investorpialang.com - Anak perusahaan Pelindo III, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) menggaet PT Aneka Kimia Raya (AKR) membuat perusahaan patungan "Java Intregeted Industrial Port Estate/JIIPE" untuk mengoptimalkan Kabupaten Gresik menjadi kawasan industri terintegrasi.

Kepala Humas PT Pelindo III (Persero) Edi Priyanto di Surabaya, Jatim, Selasa menjelaskan, kawasan industri tersebut akan berlokasi di Kecamatan Manyar dan memiliki area seluas 2.500 hektare.

"Kami membagi daerah itu menjadi dua area, yakni Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) dan Berlian Manyar Sejahtera (BMS) yang merupakan kawasan pelabuhan," ujarnya, menegaskan.

Untuk BKMS, kata dia, presentase pembagian sahamnya sebanyak 60 persen dari AKR dan 40 persen dari BJTI.

"Sementara untuk pembangunan BMS, BJTI akan berinvestasi sebesar 60 persen dan AKR mencapai 40 persen. Nilai investasinya diperkirakan Rp7 triliun," ucapnya, menambahkan.

Ia memperkirakan pada Juni mendatang mulai dilakukan pekerjaan reklamasi untuk kawasan industrinya.

"Untuk pembangunan pelabuhannya masih dalam tahap perizinan. Saat ini, sudah banyak investor yang berminat menyusul kian bertumbuhnya perekonomian di Jawa Timur," paparnya.

Ia juga mengemukakan, kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan itu memiliki keunggulan tersendiri, salah satunya dapat meminimalkan biaya distribusi.

"Kami optimistis pembangunan kawasan industri terintegrasi ini akan mempercepat distribusi mengingat jarak pelabuhan berada dalam satu kawasan," katanya.

Dibaca : 533 kali
Baru dibaca Terpopuler