Sabtu, 20 Januari 2018 | 08:40 WIB

Investor Pasar Modal DIY Capai 5.377 Orang

Kamis, 16 Mei 2013 / market / antara

Yogyakarta, investorpialang.com - Jumlah investor pasar modal di Daerah Istimewa Yogyakarta tumbuh signifikan selama Januari hingga pertengahan Mei 2013 menjadi 5.377 investor.

"Khusus pada Mei ini kami kami berhasil mencetak sebanyak 250 investor," kata Kepala Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Irfan Noor Riza di Yogyakarta, Rabu.

Jumlah tersebut melampaui target PIPM sebanyak 5.000 investor hingga pertengahan 2013.

Mulai januari 2013 hingga April, kata dia, rata-rata selalu mengalami pertumbuhan 100 investor setiap bulan.

Ia mengatakan jumlah investor tersebut juga antara lain mendapat sumbangan dari Program Sekolah Pasar Modal (SPM) di Yogyakarta yang diinisiasi oleh PIPM bersama PT First Asia Capital.

Selain itu, kata dia, juga didukung dari kondisi masyarakat baik umum maupun mahasiswa di Yogyakarta yang telah sadar manfaat berinvestasi.

Sementara itu, ia mengatakan, hingga saat ini perusahaan sekuritas yang tersedia di Yogyakarta berjumlah 16 perusahaan. Keberadaan sejumlah perusahaan sekuritas tersebut cukup membantu proses edukasi terhadap masyarakat di Yogyakarta.

Menurut dia, faktor utama dalam peningkatan jumlah investor tersebut juga didasari kondisi perekonomian Yogyakarta yang masih cenderung kondusif untuk iklim investasi hingga saat ini.

"Melihat kondisi iklim investasi di Yogyakarta, kami masih yakin dengan pertumbuhan investor saham di Yogyakarta ke depan," katanya.

Lebih jauh Irfan memperkirakan rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang saat ini masih dalam pembahasan pemerintah, kemungkinan tidak terlalu signifikan memengaruhi penurunan jumlah maupun transaksi pasar modal di Yogyakarta.

"Sejauh ini kami belum melihat dampaknya (kenaikan BBM bersubsidi) yang terlalu signifikan terhadap iklim investasi pasar modal," katanya.

Dibaca : 714 kali
Baru dibaca Terpopuler