Rabu, 25 April 2018 | 03:54 WIB

Apa Itu Non AB

Sabtu, 25 Februari 2012 / market
Apa Itu Non AB
PT Garuda Nusantara Capital, salah satu perusahaan efek Non AB yang sudah memiliki tiga cabang

 

Saat ini terdapat 26 perusahaan efek non Anggota Bursa (AB) yang mendapat izin Bapepam LK.  Landasan hukum non AB, yang boleh dikatakan adalah agen dari AB diatur dalam Peraturan Bapepam LK Nomor V.D.9 Tentang Pedoman Perjanjian Agen Perusahaan Efek Anggota Bursa Efek.

Aturan ini memungkinkan non AB melakukan outsourcing back office ke AB. Ini membuat mereka dapat berkonsentrasi pada kegiatan pemasaran dan melakukan transaksi melalui AB yang dikehendaki.

Dengan pola tersebut, maka Perusahaan Efek non Anggota Bursa tidak harus menyiapkan back office system. Hal ini berarti terjadi penghematan investasi untuk penyiapan back office system dan pengurangan resiko berusaha sebagai non AB, sehingga persyaratan untuk mendirikannya lebih ringan dari AB. Namun, khusus bagi non AB yang menjalankan kegiatan usaha sebagai penjamin emisi efek, persyaratannya lebih ketat.

Non AB adalah perusahaan efek yang jumlah total nasabah kurang dari 400 nasabah, nilai transaksi harian kurang dari Rp 4 miliar, nilai MKBD harian kurang dari Rp 13 miliar, aktiva kurang dari Rp 34 miliar, modal disetor kurang dari Rp 18,5 miliar, pendapatan usaha kurang dari Rp 5 miliar, rugi usaha lebih dari Rp 1 miliar.

Dilihat dari kacamata konsumen, layanan dan produk non AB tidak jauh berbeda. Diantaranya, perantara transaksi saham di BEI dan jual beli reksa dana dan produk asset management, investment banking, penasehat keuangan dan perantara perdagangan obligasi dan surat berharga lainnya.

Dibaca : 1445 kali
Baru dibaca Terpopuler