Minggu, 27 Mei 2018 | 20:42 WIB

Semen Gresik Resmi Ganti Nama Semen Indonesia

Selasa, 08 Januari 2013 / market / antara

Surabaya, investorpialang.com - Perseroan Terbatas Semen Gresik Tbk secara resmi berganti nama menjadi PT Semen Indonesia Tbk setelah diperolehnya pengesahan nama baru induk perusahaan BUMN semen tersebut dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Peluncuran nama PT Semen Indonesia Tbk dilakukan di Convention Hall Grand City Mall Surabaya, Senin, dengan dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan, Dirut PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto, dan jajaran direksi, serta komisaris dari anak perusahaan.

Pada acara tersebut, Dahlan Iskan juga meluncurkan logo baru perusahaan Semen Indonesia yang mengusung motto "Together We Build Better Future".

Dirut PT Semen Indonesia Tbk Dwi Soetjipto mengatakan bahwa perubahan nama merupakan satu langkah kecil dari strategi terintegrasi perseroan untuk menjadi "strategic holding", yang akan membawa BUMN semen sebagai kelompok usaha semen terkemuka di tingkat regional dan global.

"Kami siap menjadi 'champion', tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di kancah regional," kata Dwi Soetjipto.

Langkah menjadi kelompok usaha semen terkemuka di pentas global telah dimulai PT Semen Indonesia dengan mengakuisisi 70 persen saham perusahaan semen di Vietnam, Thang Long Cement, pada bulan Desember 2012 Dengan akuisisi tersebut, lanjut Dwi Soetjipto, produksi Semen Indonesia secara keseluruhan (PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, dan Thang Long) akan mencapai 28,3 juta ton pada tahun 2013.

"Saat ini, perseroan sedang melakukan pembentukan anak usaha baru bernama PT Semen Gresik, yang akan menjadi 'operating company' seperti halnya PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa. Kami targetkan pembentukan PT Semen Gresik bisa tuntas pada sekitar Maret-April 2013," katanya.

Dwi Soetjipto menegaskan bahwa keberadaan Semen Indonesia tidak akan menghapuskan merek dagang Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa, yang sebelumnya sudah ada.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan bahwa keberadaan Semen Indonesia memiliki dua fungsi, yakni mengangkat pertumbuhan ekonomi nasional dan sebagai perusahaan jagoan untuk bersaing di kancah global.

"Sekarang sudah terbukti bahwa Semen Indonesia menjadi perusahaan semen terbesar di kawasan Asia Tenggara," katanya.

Dahlan juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran manajemen PT Semen Gresik Tbk yang berhasil merealisasikan induk perusahaan baru PT Semen Indonesia Tbk.

"Nama Semen Indonesia sebenarnya sempat akan digunakan pihak lain, tetapi karena manajemen bergerak cepat untuk mendaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM, nama itu bisa kita pakai," katanya. (ANTARA)

Dibaca : 949 kali
Baru dibaca Terpopuler